Asrun Lio Resmi Jabat Sekda Definitif Sulawesi Tenggara

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Rabu, 11 Januari 2023
0 dilihat
Asrun Lio Resmi Jabat Sekda Definitif Sulawesi Tenggara
Proses pelantikan Asrun Lio sebagai Sekda definitif Sulawesi Tenggara. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Asrun Lio resmi ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara definitif pada Rabu, (11/1/2022) sekitar pukul 11.00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Asrun Lio resmi ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara definitif pada Rabu, (11/1/2022) sekitar pukul 11.00 Wita.

Menteri Dalam Negeri, Muhammmad Tito Karnavian melalui surat usulan pengangkatan calon pejabat pimpinan tinggi madya Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara kepada Presiden RI di Jakarta mengatakan, jika Asrun Lio dinilai sangat memiliki pengalaman, kompetensi dan memahami karakteristik, psikologis serta sosial kultur masyarakat, sehingga layak mendapatkan persetujuan juga ditetapkan sebagai Sekda definitif.

“Kami informasikan bahwa Surat Gubernur Sultra Nomor 123.74/6145 menyatakan bahwa Gubernur Sultra sependapat dengan hasil keputusan panitia seleksi terbuka melalui surat Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekda Provinsi Sultra Nomor 22/JPTM-SEKDA/X/2022,” ungkap Mendagri melalui surat resminya kepada Presiden RI.

Baca Juga: Kepala LLDikti Imbau Pergururan Tinggi Jangan Banyak Teori

Dalam ungkapan surat Mendagri itu juga, menunjukan jika hasil Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekda Sulawesi Tenggara mendapatkan hasil yang sama di pemerintahan pusat, dinyatakan melalui surat rekomendasi dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-3882/JP.00.00/11/2022 Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH mengakui, jika nilai ujian yang dimiliki Asrun Lio sejak awal hingga akhir merupakan tertinggi dan tanpa merah pada setiap tahapannya.

“Hasil asesmen yang menggunakan ujian tipe kompleks menunjukan jika Asrun Lio selalu memiliki nilai tertinggi, sehingga berada pada posisi rangking satu,” ucap Ali Mazi.

Sebelumnya, Pemprov Sulawesi Tenggara telah melakukan penjaringan untuk jabatan Sekda yang dilakukan secara terbuka guna memberikan kesempatan kepada semua pihak yang berkompeten, mampu bersaing, memiliki kapasitas dan memenuhi semua syarat serta ketentuan ditetapkan oleh panitia seleksi.

Penjaringan ini dilakukan secara terbuka dan berjenjang sehingga siapa pun yang memenuhi syarat bisa ikut. Setelah Pansel JPTM Sekda Sulawesi Tenggara menghasilkan tiga nama dengan masing-masing perolehan nilai maupun perengkingan maka proses seleksinya terus berlanjut hingga ke tingkat pusat.

Baca Juga: NasDem Siap Menangkan Anies Baswedan di Sulawesi Tenggara

"Di antaranya melalui Komisi Aparatur Sipil Negara, hingga akhirnya Presiden lah yang memberikan penentuan,” papar Ali Mazi.

Setelah melalui sejumlah tahapan ujian yang cukup kompleks, Panitia Seleksi (Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekda Sulawesi Tenggara menghasilkan tiga nama, di mana Asrun Lio berada pada urutan pertama, disusul posisi kedua oleh Syahrul dan Asnawi Jamaluddin pada urutan ketiga.

Diketahui, ketiga calon tersebut berasal dari instansi berbeda yakni Asrun Lio merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, yang juga tengah mengemban amanat sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sulawesi Tenggara. Kemudian Syahrul merupakan Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, sedangkan Asnawi Jamalauddin adalah Sekda Pemkab Buton. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga