Ali Mazi Lantik 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sultra

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 28 Agustus 2020
0 dilihat
Ali Mazi Lantik 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sultra
Suasana pelantikan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Tanggung jawab kita besar untuk rakyat. Maka dari itu harus kerja keras karena apa yang kita lakukan semua ini untuk kepentingan rakyat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH  mengambil sumpah dan melantik 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumat (28/8/2020).

Upacara pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumat pagi.

Kepada para pejabat yang dilantik, Gubernur Ali Mazi berpesan untuk bekerja cepat dan tangguh serta harus memiliki inovasi dalam mewujudkan perubahan pembangunan di Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengingatkan para pejabat agar dapat membentuk tim kerja birokrasi yang solid dalam rangka mempercepat pembangunan di Sultra.

"Bapak-bapak dilantik dengan jabatan yang ada ini maka kita dituntut untuk bekerja cepat dan tangguh di lapangan layaknya sebuah mesin. Harus bisa adaptasi dan juga mampu menghasilkan inovasi yang hebat. Jangan terjebak dengan cara kerja dan pola pikir yang lama," ujarnya.

Mantan Ketua DPW Partai Nasdem ini mengatakan, jika ingin membuat atau mencapai perubahan besar bagi Provinsi Sulawesi Tenggara, maka setiap pekerjaan yang dilakukan harus dikerjakan oleh tim yang solid.

"Ini tidak bisa dikerjakan oleh orang biasa. Dalam birokrasi ini harus diisi orang hebat dan luar biasa untuk melakukan hal-hal besar," tandas Gubernur Ali Mazi.

Hal tersebut, lanjutnya, bukanlah pekerjaan yang mudah karena memakai tolak ukur berdasarkan kinerja. Gubernur Ali Mazi mengatakan, birokrasi merupakan aset utama provinsi. Karenanya apabila birokrasi gagal dalam mendesain, berpikir dan bertindak, maka provinsi ini juga gagal dalam tumbuh dan berkembang.

"Maka dari itu pelayanan birokrasi pun harus lebih baik bagi masyarakat, apalagi sekarang semua dituntut dengan kecepatan dan kecerdasan serta hati yang tulus," tegas Ali Mazi.

Ia juga meminta agar penanganan masalah di lapangan harus diatasi dengan cara perencanaan dan desain yang lebih maksimal.

Contoh konkret permasalahan yang saat ini dihadapi Sulawesi Tenggara adalah penanganan wabah COVID-19, dimana jumlah orang yang terpapar makin hari makin meningkat.

"Tanggung jawab kita besar untuk rakyat. Maka dari itu harus kerja keras karena apa yang kita lakukan semua ini untuk kepentingan rakyat," ujarnya.

Baca juga: Eksekusi Lahan Berlangsung Ricuh

Terakhir, Gubernur Ali Mazi berpesan kepada Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara yang baru dilantik, jika ada masalah, harus senantiasa berkoordinasi kepada gubernur atau kepada wakil gubernur.

"Konsultasikan kepada saya atau sama Pak Wagub, agar permasalahan tersebut bisa kita selesaikan dengan baik," harapnya.

Adapun ke-12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilantik hari ini adalah :

  1. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), J Robert.
  2. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Parinringi.
  3. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Nur Saleh.
  4. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, Abdul Rahim.
  5. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andi Azis.
  6. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Asrun Lio.
  7. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), Budianto Kadidaa.
  8. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), La Ode Saifuddin.
  9. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sultra, Ridwan Badalla.
  10. Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Sultra, Basiran.
  11. Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra, Belli Tombili.
  12. Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setda Sultra, Yuni Nurnalawa.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi telah mengisyaratkan proses pelantikan 12 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) kemungkinan bisa dilaksanakan pekan ini.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga