Awal Ramadan, Harga Bahan Pokok di Jatim Stabil

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
0 dilihat
Awal Ramadan, Harga Bahan Pokok di Jatim Stabil
Gubernur Khofifah memantau stok dan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Larangan, Sidoarjo. Foo: Ist.

" Gubernur Jatim mengecek kondisi riil harga dan suplai bahan pokok di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo "

SURABAYA, TELISIK.ID - Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di bulan Ramadan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Paranwansa melakukan blusukan ke pasar yang ada di Sidoarjo.

Mantan Mensos ini mengecek kondisi riil harga dan suplai bahan pokok di Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo.

"Memasuki awal Ramadan, saya ingin memastikan bahwa suplai logistik bahan pangan di Pasar Larangan Sidoarjo ini pada dasarnya semua stabil kecuali minyak goreng curah," ujar Khofifah seusai melakukan peninjauan, Minggu (3/4/2022).

Lebih jauh, Khofifah mengatakan bahwa sebagian besar rata-rata harga bahan pokok masih sesuai dengan data dari Sistem Informasi Ketersediaan Perkembangan Bahan Pokok (SISKAPERBAPO) per 1 April 2022. Di mana, harga daging sapi berkisar di Rp 113.974 per kg sedangkan daging ayam Rp 35.787 per kg.

Baca Juga: Dinas Ketapang Konawe Pastikan Stok Pangan Selama Ramadan Aman

"Kalau untuk daging sapi, suplai dan harganya stabil. Daging ayam yang  sedikit di atas HET. Kemarin masih di standar HET, tapi hari ini ada kenaikan Rp 3.000 per kilo," terang orang nomor satu di Jatim.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Kota Medan Mencapai Rp 160 Ribu Per Kilogram

Sementara, lanjut Khofifah, harga rata-rata untuk telur ayam adalah Rp 24.086. Selain itu, bawang merah per kg dihargai Rp 27.720. Sedangkan bawang putih dihargai Rp 25.961 per kg.

"Untuk harga telur ayam di bawah HET sedikit jadi Rp 23.000 per kilo. Yang lain seperti bawang merah hari ini stabil, tapi cenderung sedikit mengalami penurunan harga," ucap Khofifah.

Selain itu, harga cabai, gula, dan beras cenderung normal. Di mana, harga cabai berada di angka Rp 39.191 per kg untuk cabai merah besar keriting, Rp 48.461 untuk cabai merah besar biasa, dan Rp 40.121 untuk cabai rawit. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga