BPJS Kesehatan Kendari Bersinergi dengan Pemkab Kolaka Timur dan Baznas Rekrut Peserta JKN

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 02 Oktober 2024
0 dilihat
BPJS Kesehatan Kendari Bersinergi dengan Pemkab Kolaka Timur dan Baznas Rekrut Peserta JKN
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan Kendari, Pemkab Kolaka Timur, dan Baznas untuk rekrutmen peserta JKN. Foto: Ist

" BPJS Kesehatan Cabang Kendari terus berupaya meningkatkan cakupan dan keaktifan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan menjalin kemitraan strategis bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID – BPJS Kesehatan Cabang Kendari terus berupaya meningkatkan cakupan dan keaktifan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan menjalin kemitraan strategis bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kerja sama ini resmi dilakukan ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam Program Sinergi Rekrutmen Peserta JKN yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kolaka Timur pada Senin (23/9/2024) dua pekan lalu.

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, menyambut baik kerja sama ini sebagai langkah nyata pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Kebakaran Tewaskan Satu Warga Kolaka Utara

Azis menilai kolaborasi ini sebagai bukti komitmen Pemkab Kolaka Timur untuk memastikan seluruh warga, terutama yang kurang mampu, mendapatkan hak dasar dalam hal kesehatan.

“Kami sangat mendukung kerja sama ini dan menyambut positif inisiatif dari BPJS Kesehatan dan Baznas. Sinergi ini sangat penting untuk memastikan masyarakat Kolaka Timur, khususnya mereka yang layak menerima, mendapatkan layanan kesehatan yang layak,” kata Azis dalam keterangan tertulis yang diterima telisik.id, Rabu (2/10/2024).

Slamet WR, perwakilan Baznas Kolaka Timur, juga menegaskan komitmen Baznas dalam mendukung program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam hal kesehatan.

Sinergi ini, kata Slamet, adalah bagian dari misi Baznas untuk memastikan akses kesehatan yang layak bagi masyarakat miskin.

“Program ini sejalan dengan tujuan sosial Baznas untuk membantu mereka yang kurang mampu. Kami berkomitmen untuk terus mendukung Program JKN ini agar masyarakat yang paling membutuhkan dapat merasakan manfaatnya. Kerja sama ini sangat strategis dan kami berharap dapat berjalan lancar ke depannya,” jelas Slamet.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Rinaldi Wibisono, mengatakan bahwa sinergi ini merupakan langkah penting dalam mendukung peningkatan cakupan program JKN di Kolaka Timur.

“Kerja sama ini sangat krusial dalam memperluas jangkauan kepesertaan JKN di Kolaka Timur. Dengan kolaborasi bersama pemda dan Baznas, kami berharap semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati manfaat dari program JKN,” ujarnya.

Dalam tahap awal program ini, sebanyak 75 penduduk Kabupaten Kolaka Timur akan didaftarkan sebagai peserta JKN. BPJS Kesehatan menargetkan jumlah ini akan terus bertambah dalam beberapa bulan mendatang, seiring dengan evaluasi dan pengawasan rutin yang dilakukan bersama pemerintah daerah.

Baca Juga: ASR-Hugua Kampanye di Sampolawa Paparkan 8 Program Unggulan, Massa Membludak hingga 3000 Orang

“Kami akan terus memantau perkembangan program ini dengan melakukan evaluasi bulanan. Data peserta yang terdaftar akan selalu diperbarui agar tetap valid dan tepat sasaran,” lanjut Rinaldi.

Ia juga menegaskan pentingnya kepatuhan peserta JKN dalam hal pembayaran iuran. Rinaldi mengingatkan bahwa jika status peserta tidak aktif karena iuran yang belum dibayar, peserta akan terkendala dalam mengakses layanan kesehatan.

“Kami mengimbau kepada para peserta, baik yang dibantu iurannya maupun yang mandiri, untuk tidak menunggak pembayaran iuran. Status kepesertaan yang aktif sangat penting agar masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan dengan cepat dan tanpa hambatan administrasi,” jelas Rinaldi. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga