Jadwal Latsar Tak Jelas, Ratusan CPNS Konawe Utara Galau

Perliyansa, telisik indonesia
Selasa, 02 Maret 2021
0 dilihat
Jadwal Latsar Tak Jelas, Ratusan CPNS Konawe Utara Galau
Latsar bagi CPNS seharusnya dilakukan paling lambat setahun setelah dinyatakan lulus seleksi. Foto: Ist.

" Sejak saya ditetapkan sebagai CPNS di tahun 2019 sampai saat ini jadwal Latsar belum ada kabarnya untuk gelombang kedua, padahal sudah memasuki 2 tahun. "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - 198 Calon Pegawai Negeri Sipil yang lulus seleksi CPNS tahun 2019 di Kabupaten Konawe Utara hingga hari ini belum mengikuti pelatihan dasar (Latsar).

Setelah dua tahun dinyatakan lulus seleksi calon ASN, baru 66 orang yang sudah mengikuti Latsar. 198 orang sisanya bahkan belum mendapatkan jadawal dari BKD Konut.

Undang-undang ASN Pasal 63 Ayat 3 menyatakan, masa percobaan bagi Calon PNS dilaksanakan selama 1 (satu) tahun dan instansi pemerintah wajib memberikan pendidikan dan pelatihan kepada Calon PNS selama masa percobaan tersebut.

Salah seorang CPNS yang enggan menyebutkan namanya, mengaku galau dengan tidak jelasnya jadwal Latsar bagi mereka, sementara masa satu tahun percobaan sudah lewat.  

Baca juga: Hari Film Nasional, Disbud DKI Jakarta Angkat Sosok Usmar Ismail dan Rempo Urip

"Sejak saya ditetapkan sebagai CPNS di tahun 2019 sampai saat ini jadwal Latsar belum ada kabarnya untuk gelombang kedua, padahal sudah memasuki 2 tahun," ungkapnya, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa meskipun sudah setahun ini Indonesia dilanda pandemi COVID-19, seharusnya BKD Konut sudah melakukan upaya-upaya untuk jadwal Latsar CPNS  selanjutnya. Tapi faktanya sampai hari ini tidak ada perhatian maupun tidaklanjut dari dinas terkait.

"Nasib-nasib kami CPNS Konut  yang lulus tahun 2019 masih menjadi mimpi," ujar CPNS lainnya yang juga menolak menyebutkan namanya.

"Kami berharap BKD Konut memberikan kepastian jadwal Latsar kepada kami," pungkasnya. (B)

Reporter: Perliyansa

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga