Awas, Ini 5 Bahaya Jarang Olahraga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 Maret 2021
0 dilihat
Awas, Ini 5 Bahaya Jarang Olahraga
Jogging salah satu olahraga ringan yang baik bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro libya-today.com

" Sebaliknya, sering malas melakukan olahraga dapat membuat tubuh jadi lemas dan tidak bersemangat. Bahkan parahnya, badan akan mudah diserang penyakit. "

KENDARI, TELISIK.ID - Olahraga sudah menjadi kebutuhan tubuh manusia. Tanpa disadari, dengan olahraga bukan hanya badan jadi lebih segar, tapi mental juga akan lebih fresh.

Sebaliknya, sering malas melakukan olahraga dapat membuat tubuh jadi lemas dan tidak bersemangat. Bahkan parahnya, badan akan mudah diserang penyakit.

Untuk olahraga, jangan pikir dulu olahraga yang berat, olahraga ringan pun dapat dilakukan. Bukan soal berat atau ringan, tapi melakukan olahraga setiap harinya dapat membuat tubuhmu sehat dan segar.

Dilansir dari okozone.com, yang mengutip dari instagram @cerita.cantik, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu rasakan jika jarang berolahraga:

Baca juga: 3 Fakta Teh Oolong yang Efektif Turunkan Berat Badan

1. Daya tahan tubuh menurun

Daya tahan tubuh dapat menurun jika kamu jarang berolahraga, imun yang seharusnya menjaga tubuhmu agar tetap sehat akan menjadi melemah dan tubuhmu akan terasa lemas jika kamu tidak melakukan olahraga. Hal ini yang dapat memicu tubuhmu jadi gampang sakit.

2. Badan pegal-pegal

Olahraga dapat meregangkan persendianmu yang kaku. Maka jika kamu jarang berolahraga, sendi pada tubuhmu akan menjadi kaku dan inilah yang membuat tubuhmu terasa pegal.

3. Gampang lelah

Tubuhmu yang jarang digerakan akan membuat otot yang ada ditubuhmu tidak dapat memaksimalkan fungsinya. Maka tubuhmu jadi gampang lelah sehingga bikin kamu menjadi malas beraktivitas.

4. Insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat juga kamu rasakan jika kamu malas untuk berolahraga. Karena tubuhmu yang jarang bergerak ini menyimpan energi yang dapat membuat kamu bisa mengalami gangguan tidur. Selain itu, jarang berolahraga juga dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

5. Sembelit

Karena jarang berolahraga kamu dapat menjadi sembelit loh. Karena tidak adanya rangsangan peristaltik pada usus. Mengalami sembelit juga dapat dikarenakan pola hidup kamu yang tidak teratur dan juga kamu kekurangan serat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga