Ayah Asuh Berperan Aktif dalam Program Penanganan Anak Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Ayah Asuh Berperan Aktif dalam Program Penanganan Anak Stunting
Program bapak asuh anak stunting berperan dalam penurunan stunting di Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Salah satu program yang digalakkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, untuk mempercepat penanganan stunting adalah bapak asuh anak stunting "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu program yang digalakkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, untuk mempercepat penanganan stunting adalah bapak asuh anak stunting.

Melalui program itu, BKKBN berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan dukungan kepada bapak asuh, agar mereka turut berperan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting pada anak-anak.

Menurut data BKKBN, jumlah anak stunting di Sulawesi Tenggara masih cukup tinggi, walaupun telah mengalami penurunan pada satu tahun terakhir. Di mana jumlah stunting dari tahun 2021-2022 mengalami penurunan hingga 2,4 persen, dari 30,2 persen menjadi 27,7 persen.

Baca Juga: Keseriusan Pemda Buton Tengah Tekan Angka Stunting, Sekda Pimpin Rapat Konvergensi

Oleh karena itu, melibatkan bapak asuh dalam program itu, diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan anak.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, saat menjelaskan tentang program bapak asuh anak stunting dalam roadshow daring bersama Menko PMK. Foto: bkkbn.go.id

 

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, sebagian besar anak mengalami stunting karena kekurangan gizi, baik saat masih dalam kandungan hingga anak-anak.

Maka melalui program bapak asuh, kata dia, akan sedikit membantu anak yang mengalami stunting dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Sehingga pihaknya berharap, program yang dilakukan secara nasonal itu, bisa menekan percepatan penurunan angka stunting.

“Apalagi sekarang ada program bapak asuh untuk anak stunting. Kita berharap para donator yang sudah membantu anak stunting, bisa mempercepat penurunan stunting,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Sebelumnya, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo mengatakan, program bapak asuh anak stunting signifikan menurunkan kasus stunting.

Baca Juga: Waspada, Anak Stunting Rentan Kena Penyakit

“Pengalaman beberapa daerah memang bapak asuh anak stunting signifikan menurunkan kasus stunting. Ini menunjukan bahwa yang paling penting bagaimana asupan makan bergizi sampai ke mulut ibu hamil dan bayi,” kata Hasto dalam Roadshow daring bersama Menko PMK, dikutip dari bkkbn.go.id, pada Rabu (18/1/2023).

Diketahui, konsep program bapak asuh stunting sama dengan program orangtua asuh kebanyakan, yakni pihak donator membantu anak asuhnya, namun kali ini sasarannya adalah anak-anak stunting yang berasal dari keluarga tidak mampu. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga