Bahan Alami Atasi Sunburn

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Bahan Alami Atasi Sunburn
Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari bisa membuat kulit terbakar atau sunburn. Namun, tak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat diatasi dengan cara alami. Foto: Blogs.insanmedika.co.id

" Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari memang bisa membuat kulit terbakar atau sunburn. Akibatnya, kulit yang tersengat panas matahari menjadi gosong "

KENDARI, TELISIK.ID - Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari memang bisa membuat kulit terbakar atau sunburn. Akibatnya, kulit yang tersengat panas matahari menjadi gosong.

Namun, tak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat diatasi dengan cara mengembalikan kulit gosong akibat sinar matahari secara alami.

Cara atasi kulit gosong (sunburn) seperi dilansir dari Cnnindonesia dan halodoc.com:

Baca Juga: Ini Penyebab Nyeri Leher Bagian Belakang

1. Lidah buaya

Jika Anda memiliki lidah buaya, Anda bisa menekstrak tanaman tersebut. Berikut caranya: petik tumbuhan lidah buaya, potong tengahnya dan bagi menjadi dua bagian. Oleskan langsung ke bagian kulit yang mengalami iritasi dan diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas.

Gunakan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak bisa mendapatkan tanamannya, kamu bisa membeli gel dengan kandungan 100 persen ekstrak lidah buaya.

2. Susu dan kunyit

Perpaduan susu dan bubuk kunyit yang dijadikan masker wajah dapat membantu penyembuhan kulit bermasalah akibat paparan matahari.

Cukup tuangkan sedikit susu putih bubuk, kunyit, lalu oleskan ke permukaan wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan lakukan berulang minimal 3 kali seminggu.

3. Putih telur

Masker wajah dari putih telur dan madu sangat bermanfaat untuk mengencangkan sekaligus eksfoliasi sel-sel kulit mati yang gosong.

Baca Juga: Rasa Ingin Buang Air Kecil Saat Bercinta? Jangan Ditahan, Ini Kata Pakar

Campurkan kedua bahan utama ke dalam wadah. Aplikasikan ke wajah secara merata dan biarkan sampai kering meresap, setelah itu bersihkan wajah dengan air.

4. Pepaya

Cara lainnya bisa memakai masker buah pepaya yang sudah halus serta satu sendok teh madu untuk melembapkan. Gunakan masker pepaya selama 10-15 menit. Setelahnya dibersihkan seperti biasa, tapi harus dilakukan berulang supaya hasilnya maksimal (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga