Bahaya Pohon Tua Bagi Keselamatan Pengguna Jalan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
Bahaya Pohon Tua Bagi Keselamatan Pengguna Jalan
Jalan Taman Suropati, Mandonga menuju arah rumah jabatan gubernur ditutup karena ada penebangan pohon. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Jalan Taman Suropati, Kecamatan Mandonga menuju rumah jabatan gubernur ditutup karena adanya penebangan pohon di sekitar jalan tersebut oleh gabungan beberapa alat Pemerintah Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Jalan Taman Suropati, Kecamatan Mandonga menuju rumah jabatan gubernur ditutup karena adanya penebangan pohon di sekitar jalan tersebut oleh gabungan beberapa alat Pemerintah Kota Kendari, Kamis (23/2/2023).

Kepala Satuan Tugas Penataan Kota Kendari, Amir Hasan mengatakan, pihaknya telah melakukan kegiatan penebangan ribuan pohon di wilayahnya selama empat bulan terakhir yang dilakukan oleh gabungan satgas, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) , Damkar, Dinas PU dan lainnya.

Pepohonan tersebut ditebang karena membahayakan keselamatan masyarakat, khususnya pengguna jalan, terlebih musim hujan dan angin yang membuat ranting-ranting pohon tersebut banyak jatuh.

Baca Juga: Putra Sulawesi Tenggara Wakili Indonesia 4th ASEAN India Youth Summit

"Membahayakan, banyak masyarakat yang sudah meninggal gara-gara tertimpa saat musim hujan dan angin keras," jelasnya.

Selain itu kepentingan estetika juga jadi pertimbangan, mengingat wilayah tersebut dekat dengan rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara. Pasalnya sudah seribu lebih pohon yang ditebang.

Ditanya tentang kehijauan Kota Kendari yang menipis jika dilakukan penebangan pohon, Amir menjawab nantinya DLHK akan menanam kembali 2000 pohon di pinggiran jalan Kota Kendari.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Jaga Sinergitas Insan Pers

Salah satu petugas yang bekerja, Wayu mengatakan, pihaknya menebang pohon yang sudah terlalu lebat dan pohon-pohon tua, sampah hasil tebangan pohon tersebut akan dibersihkan dan dibuang ke tempat pembuangan akhir Puuwatu.

Ia menambahkan, rencananya jalan tersebut akan direvitalisasi agar dijadikan jalan dua arah juga dipasang lampu jalan. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga