Logo Telisik.id

Bahlil Lahadalia dari Sopir Angkot Hingga Menteri Kabinet Jokowi

45 dibaca Bahlil Lahadalia dari Sopir Angkot Hingga Menteri Kabinet Jokowi

Bahlil Lahadalia, Kepala badan Koordinasi Penanaman Modal. Foto : Sekretariat Presiden

" Bahlil Lahadalia merupakan pria berdarah Wakatobi (Sultra)"

KENDARI, TELISIK.ID - Bahlil Lahadalia merupakan pria berdarah Wakatobi (Sultra). Orang tuanya berasal dari Binongko kemudian merantau ke Papua. Bekerja serabutan termasuk menjadi sopir angkot di Jayapura. Sejak SD hingga SMP Bahlil ikut orang tuanya menjadi kernet angkot. Masuk SMA Bahlil sekolah nyambi jadi sopir. Setelah itu dia menjual koran lalu loper sambil kuliah.

Saat kuliah Bahlil aktif di HMI hingga akhirnya masuk pengurus PB HMI menjabat Wabendum. Dari sinilah dia belajar membangun jaringan usaha. Sehingga menjadi kontraktor di Papua. Dia mengerjakan proyek Otsus (Otonomi Khusus), bekerjasama degan sejumlah bupati.

Kemandiriannya itu terbukti saat ia duduk di bangku sekolah dasar, ia sudah membantu perekonomian keluarga dengan menjajakan kue di sekolah. Memasuki bangku SMP, ia juga sempat menjadi kondektur, di saat SMEA, ia menjadi sopir angkot secara part time. Walaupun begitu, Bahlil tetap menunjukan prestasinya di sekolah, bahkan ia pernah menjadi ketua OSIS.

Bermodalkan semangat, Bahlil berhasil daftar kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Semasa di bangku kuliah, ia dikenal sangat aktif menjadi pengurus senat mahasiswa hingga bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang membawanya menduduki posisi puncak sebagai Bendahara Umum PB HMI.

Pada tahun 2003, namanya terdaftar di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke pengurus pusat. Setelah memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi dan memiliki pekerjaan bergaji tinggi, Bahlil memutuskan keluar dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaannya sendiri. Inilah awal mula kesuksesan pria kelahiran Maluku ini.

Dengan melihat begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua, ia jadikan peluang untuk membuka usahanya. Kini ia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company.

Pada tahun 2015, kariernya sebagai pengusaha semakin lengkap saat Munas Himpungan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), peserta memilihnya menjadi Ketua Umum HIPMI untuk periode 2015–2019.

Bahlil Lahadalia masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pria kelahiran Banda, Maluku Utara, 7 Agustus 1976 itu masuk ke kabinet sebagai Kepala badan Koordinasi Penanaman Modal.
Editor: Ibnu

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video