Usai Gempa, Banyak WNI Kehilangan Dokumen Penting

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 11 Februari 2023
0 dilihat
Usai Gempa, Banyak WNI Kehilangan Dokumen Penting
Sebanyak 123 WNI terdampak bencana gempa di Turki mengaku mengalami trauma dan kehilangan beberapa dokumen penting. Duta Besar RI, Lalu Muhamad Iqbal saat menerima aspirasi di Wisma Duta, KBRI Ankara. Foto: Duniarmol.id

" Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak bencana gempa di Turki mengaku mengalami trauma "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak bencana gempa di Turki mengaku mengalami trauma.

Selain banyak memakan korban, tak sedikit dari mereka kehilangan dokumen penting, seperti paspor dan kartu identitas selama bencana mematikan tersebut.

Mengutip Sindonews.com, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, menemui 123 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi akibat gempa di Turki.

Pertemuan dilakukan sembari makan siang bersama dengan sejumlah staf KBRI Ankara. KBRI memastikan akan terus membantu para WNI menyelesaikan masalah ikutan akibat bencana.

Baca Juga: Update Korban Gempa Turki Tembus 12.000 Orang, Ada WNI

Dubes RI juga mendengarkan secara seksama curahan hati ke 123 WNI tersebut. Forum curhat itu berlangsung di Wisma Duta, kediaman resmi Dubes Indonesia, dimana para WNI tersebut saat ini ditampung.

Dilansir dari Dunia.rmol.id, dalam forum curhat, WNI mengaku menghadapi berbagai masalah, mulai dari masalah logistik karena saat menyelamatkan diri, sebagaian besar tidak membawa pakaian, sepatu dan barang pribadi penting lainnya.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Tembus 3.800 Orang

WNI yang sebagian besar adalah pelajar tersebut juga mencemaskan mengenai kelanjutan studi mereka. Sebagai tindak lanjut, Dubes Iqbal mengatakan tim konsuler KBRI Ankara akan menemui para WNI satu per satu untuk memetakan masalah yang dihadapi oleh masing-masing dan mencarikan solusi.

KBRI Ankara juga telah memberikan beberapa jenis solusi, seperti penerbitan paspor baru, membantu pengurusan kartu identitas di Turki yang baru ke imigrasi, menerbitkan surat keterangan kehilangan dokumen, hingga memberikan perawatan medis bagi yang masih memiliki keluhan kesehatan.

Khusus untuk pelajar, Iqbal dalam waktu dekat akan menemuni Dewan Perguruan Tinggi Turki untuk menjajaki kemungkinan para mahasiswa dapat melanjutkan studi di universitas negeri lainnya di Turki. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga