Balai Desa Bangunsari Disegel, Pj Sekda Instruksikan Kadis PMD Tuntaskan Persoalannya

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 26 Oktober 2021
0 dilihat
Balai Desa Bangunsari Disegel, Pj Sekda Instruksikan Kadis PMD Tuntaskan Persoalannya
Balai Desa Bangunsari yang masih disegel. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pj Sekda Muna, Harmin Ramba yang mengetahui itu sontak bergerak cepat. "

MUNA, TELISIK.ID - Balai Desa Bangunsari, Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna sudah dua hari disegel oleh para perangkatnya akibat honor mereka tidak dibayarkan sejak Januari-November ini.

Honor perangkat itu bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang tidak bisa dicairkan akibat Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Safrullah tidak menandatangani berkas administrasi.

Pj Sekda Muna, Harmin Ramba yang mengetahui itu sontak bergerak cepat. Ia langsung memerintahkan Kepala Dinas (Kadis) PMD, Rustam untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di desa itu.

"Saya panggil kadisnya, untuk selesaikan masalah itu (penyegelan)," kata Harmin, Selasa (26/10/2021).

Menurut Harmin, ADD harus dicairkan karena di dana tersebut banyak hak-hak perangkat desa, termaksud kebutuhan kantor. Bila itu tidak dicairkan, nanti akan menjadi temuan.

Baca juga: DPRD Muna Godok Perubahan Raperda PDAM

Baca juga: Diberhentikan dan Gaji Tak Dibayar, PPA Imbau Pengelola THM Baubau Tidak Jebak Karyawan

"Tidak ada alasan, dananya harus dicairkan," terangnya.

Kadis PMD, Rustam yang dikonfirmasi tidak memberikan keterangan lebih lengkap. Ia hanya menyampaikan persoalan tidak ditanda tanganinya administrasi oleh sekretarisnya sudah ditangani oleh Inspektorat.

"Inspektorat yang tangani. Infonya, Inspektorat sudah bersurat di BPKAD agar mencairkan ADD Bangunsari, walapun tidak ada tanda tangan sekretaris," terangnya.

Sementara itu, Pj Kades Bangunsari, Munawar menerangkan, akibat penyegalan itu, tidak ada aktivitas dilakukan di balai desa. Pihaknya, tidak bisa berbuat apa-apa. Karena honor para perangkat itu bersumber dari ADD.

"Terpaksa pelayanan saya lakukan di rumah-rumah warga," timpalnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga