Bamsoet Ingatkan Perusahaan Tunaikan Kewajiban CSR

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 16 Juli 2020
0 dilihat
Bamsoet Ingatkan Perusahaan Tunaikan Kewajiban CSR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto : Ist.

" Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dengan masyarakat. "

JAKARTA, TELISIK.ID -  Perusahaan di Indonesia kembali diingatkan untuk menunaikan kewajiban tanggung jawab sosialnya atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Melalui CSR, perusahaan telah bertanggungjawab terhadap dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan di sekitar wilayah usaha mereka.

"Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dengan masyarakat,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam acara Teropong CSR Award 2020 yang digelar secara virtual, di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Selain itu, lanjut Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar ini, CSR sekaligus menjadi penguat hubungan antara perusahaan, pemerintah, dengan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).

Baca juga: DPR RI Gelar Rapat Paripurna Terakhir Sebelum Masa Reses, Ini Agendanya

Menurut politisi yang biasa disapa Bamsoet ini, sangat penting bagi perusahaan untuk tak sekadar memandang CSR sebagai pengeluaran atau beban biaya. Melainkan memandang CSR sebagai bagian dari pembangunan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Mantan Ketua DPR RI yang ditunjuk menjadi Ketua Dewan Juri Teropong CSR Award 2020 ini menilai, melalui award yang diberikan diharapkan dapat memacu semangat berbagai perusahaan untuk tetap semakin peduli terhadap CSR.

Terlebih di masa pandemi COVID-19, acara penganugerahan CSR Award menjadi momentum yang sangat penting untuk menggugah kembali rasa kepedulian terhadap lingkungan sosial.

"Kepedulian dunia usaha terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya menjadi media untuk membangun semangat optimisme, serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa melalui solidaritas dan kegotong-royongan secara nyata," tuturnya.

Reporter : Marwan Azis

Editor : Haerani Hambali

Baca Juga