Bangunan di Kompleks Perkantoran Bumi Praja Kantor Dinas Sosial Sulawesi Tenggara Dilalap Api

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 16 Desember 2023
0 dilihat
Bangunan di Kompleks Perkantoran Bumi Praja Kantor Dinas Sosial Sulawesi Tenggara Dilalap Api
Puing-puing sisa kebakaran (kiri) dan satu unit bangunan saat dilalap api. Foto: Kolase

" Kebakaran melanda kompleks perkantoran Bumi Praja Dinas Sosial Sulawesi Tenggara, tepatnya Mako B Tagana di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sabtu (16/13/2023), sekitar pukul 09.00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebakaran melanda kompleks perkantoran Bumi Praja Dinas Sosial Sulawesi Tenggara, tepatnya Mako B Tagana di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sabtu (16/13/2023), sekitar pukul 09.00 Wita.

Belum diketahui secara pasti kerugian dari insiden tersebut, Kasi Humas Polresta Kendari, Ipda Hariddin mengatakan, kejadian ini merugikan banyak barang inventaris, termasuk satu bangunan Mako B Tagana Sulawesi Tenggara.

Barang-barang yang ikut terbakar antara lain satu unit komputer, satu buah kulkas, satu peti alat-alat vertikal rescue (alat evakuasi bencana), satu buah Alat Komunikasi (Reviter HT), dan sepuluh buah HT.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Tekankan Moderasi Beragama di Sekolah, Cegah Tawuran Antar Pelajar

Menurut saksi Indra, seorang relawan Tagana yang tengah mencuci motor, kejadian terjadi begitu cepat. Suara letusan dan bau asap langsung terdengar, dan api merembes dari kamar Abdul Wasir. Indra segera berusaha memadamkan api dan melaporkan kejadian ke mapolda Sulawesi Tenggara.

Sementara, Abdul Wasir menerangkan, pada saat kebakaran, ia tengah meninggalkan kamar dalam keadaan rice cookerp menyala dan HT tercolok di stop kontak. Ia mengetahui insiden setelah dihubungi rekannya pada pukul 09.22 Wita.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Musnahkan 19.446 Arsip Dokumen

Usman, seorang buruh bangunan, menjadi saksi lain yang turut membantu saat kebakaran. Bersama tiga rekannya, ia berhasil menyelamatkan barang-barang dari dalam Mako B Tagana dan memanggil mobil tower yang lewat untuk membantu memadamkan api.

Pukul 09.30 Wita, empat unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Mereka segera melibatkan diri dalam pemadaman, dan pada pukul 10.00 Wita, api berhasil dipadamkan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Situasi dilaporkan dalam keadaan aman dan kondusif. Meskipun begitu, kejadian ini menyisakan kerugian materiil yang cukup besar bagi Mako B Tagana Provinsi Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga