Banjir di Kolaka Utara Rusak Infrastruktur Jalan dan Kebun Warga

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 17 Januari 2024
0 dilihat
Banjir di Kolaka Utara Rusak Infrastruktur Jalan dan Kebun Warga
Jalan di Desa Larui, Kecamatan Porehu, Kolaka Utara, nyaris berubah menjadi sungai. Foto: Tangkapan layar video

" Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara, Selasa malam (16/1/2024), menyebabkan banjir parah di Desa Larui "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara, Selasa malam (16/1/2024), menyebabkan banjir parah di Desa Larui.

Banjir menghantam perkampungan hingga meluap ke jalan, sempat diabadikan oleh Anto, salah seorang warga Desa Larui hingga beredar ke media sosial Facebook dan WhatsApp.

Dalam unggahan video durasi 2,41 detik yang dibagikan pemilik akun Facebook Fitriany, menggambarkan luapan banjir hingga ke jalan.

Imbasnya, jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Larui dan desa lainnya di Kecamatan Porehu tidak bisa dilalui warga, baik jalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Selain merusak infrastruktur jalan, dalam rekaman video juga memperlihatkan beberapa rumah panggung milik warga, kebun kakao dan tanaman nilam turut terdampak banjir. Diperkirakan banjir terjadi Pukul 08:28 Wita (pagi).

"Kita lihat sekarang keadaannya seperti ini, luar biasa ini baru pertamakali terjadi kasian, Ini jalanan ya. Bukan sungai," kata Anto dalam unggahan video yang merekam detik-detik banjir yang menghantam jalan, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Sejumlah Jalan di Kota Kendari Kembali Banjir Akibat Hujan

"Semalam memang hujan yang begitu deras sehingga terjadi banjir seperti ini. Sekali lagi ini jalan merupakan akses penghubung dari salah satu desa ke desa yang lain. Ini jalan tapi sekarang sudah berubah jadi sungai," lanjutnya.

Ia berharap jalan yang saat ini dilalui banjir segera surut sehingga aktivitas warga setempat dapat kembali berjalan normal.

"Jadi seperti inilah keadaannya mohon doanya semoga ini cepat berlalu jalan kembali normal seperti biasa karena ini jalan yang begitu dekat dari satu desa ke desa lain," harapnya.

Sementara itu, Camat Porehu Darlis Kalimu saat dikonfirmasi Telisik.id membenarkan banjir yang terjadi kemarin berada di wilayahnya.

"Iya ini kejadian di Desa Larui akibat luapan sungai. Jalan yang terdampak sekitar 3 kilometer. Sampai saat ini belum ada informasi pasti Kepala Desa Larui terkait dampak," terangnya, Rabu (17/1/2024).

Meski demikian, bantuan untuk para korban banjir dari pemerintah daerah sudah tersalurkan sejak kemarin.

"18 paket sembako dari Kabag Pembangunan Kolaka Utara sudah tersalurkan," ujar Camat Porehu.

Kata dia, saat ini warga di sekitar bantaran sungai masih siaga mengantisipasi banjir susulan.

Baca Juga: Warga Korban Banjir Kolaka Utara Keciprat Bantuan

"Semoga Minggu ini tidak terjadi lagi hujan lebat. Sekarang warga tetap siaga," harapnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Andi Faisal belum dapat memastikan jumlah rumah terdampak dan kondisi warga pasca banjir disebabkan jaringan Hp yang kurang mendukung.

"Belum ada laporan dampak banjir. Tim yang diturunkan di lokasi masih susah dihubungi," jawabnya.

Tangani bencana di beberapa titik di Kecamatan Porehu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka Utara, Mukramin menuturkan, sejak tadi malam telah menurunkan satu unit alat berat.

"Satu unit ekskavator sudah kita gerakkan ke Desa Larui untuk penanganan bencana," imbuhnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga