Sejumlah Jalan di Kota Kendari Kembali Banjir Akibat Hujan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 17 Desember 2023
0 dilihat
Sejumlah Jalan di Kota Kendari Kembali Banjir Akibat Hujan
Memasuki musim penghujan, sejumlah ruas jalan di Kota Kendari alami kebanjiran. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Memasuki musim penghujan, membuat sejumlah ruas jalan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terendam banjir "

KENDARI, TELISIK.ID - Memasuki musim penghujan, membuat sejumlah ruas jalan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terendam banjir, Minggu (17/12/2023) malam.

Pantauan Telisik.id, lokasi yang mengalami banjir terletak di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga, tampak banjir menggenangi jalan hingga melewati trotoar median jalan yang mengakibatkan kemacetan parah.

Terpantau banjir itu menggenang hingga kurang lebih 1 kilometer, tampak sejumlah kios di pinggir jalan juga terkena banjir, selain itu Rumah Sakit Hati Mulia, serta PLN Rayon Wua-Wua juga terkena dampak banjir.

Salah satu warga, Aldi mengatakan, di jalan tersebut memang sudah menjadi langganan banjir, asal hujan deras biar tidak sampai satu jam pasti akan banjir.

Baca Juga: Begini Harga Daging Sapi dan Ayam Jelang Nataru di Kendari

Di lokasi banjir juga tampak sejumlah pemuda mengarahkan kendaraan yang melintas untuk berhati-hati, karena terdapat got dan lubang di pinggir jalan.

"Jangan terlalu di pinggir, baik motor dan mobilnya pak, karena banyak lubang itu," ujar seorang pria yang di pinggir jalan sembari mengatur kendaraan.

Banjir juga mengakibatkan antrean di jalan, karena pengendara tidak mengetahui jika ada lubang atau jalan rusak di tengah jalan akibat terendam banjir.

Selain di Jalan DI Panjaitan, titik banjir juga terpantau di jalan menuju Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, tepatnya di Jalan Wanggu yang juga mengakibatkan antrean panjang kendaraan.

Asriadi yang merupakan warga sekitar mengatakan, harusnya menjadi perhatian pemerintah untuk memperbaiki drainase agar jalan tidak tergenang banjir jika hujan turun.

Ia juga mengungkap, meskipun jalan tetsebut cepat tergenang jika hujan, tapi juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk surut.

Baca Juga: Tim Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Lakukan Monev di Rutan Kelas IIB Raha

"Yah kalau suruh paling sekitar 1 atau 2 jam sudah surut mi," tambahnya.

Seorang pengendara motor, Yeni mengatakan, jika dirinya harus berhati-hati jika melewati jalan yang tergenang air, karena tidak mengetahui lokasi lubang yang berada di jalan.

"Harus hati-hati kasihan, soalnya di sekitar jalan ini ada jalan rusak, jangan sampai kita masuk dalam lubang," ucapnya.

Ia juga mengungkap agar pemerintah perlu membenahi fasilitas yang dipakai oleh banyak masyarakat Kendari. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga