Bank Mandiri Taspen Kendari Diduga Blokir Rekening Nasabah Secara Sepihak

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Senin, 16 Januari 2023
0 dilihat
Bank Mandiri Taspen Kendari Diduga Blokir Rekening Nasabah Secara Sepihak
Hamkah Hakim, nasabah Bank Mandiri Taspen Kendari merasa kecewa rekening kredit miliknya diduga diblokir secara sepihak. Foto: La Ode Muh Martoton/Telisik

" Bank Mandiri Taspen Cabang Kota Kendari diduga melakukan pemblokiran dana rekening milik nasabah kredit secara sepihak. Nasabah perbankan merasa kecewa atas pelayanan yang diberikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Mandiri Taspen Cabang Kota Kendari diduga melakukan pemblokiran dana rekening milik nasabah kredit secara sepihak. Nasabah perbankan merasa kecewa atas pelayanan yang diberikan.

Hamkah Hakim yang merupakan nasabah Bank Mandiri Taspen mengaku kesal, pasalnya saat hendak mengambil uang kredit miliknya merasa dipersulit oleh pihak bank.

Ia menjelaskan, awalnya ia ditawarkan oleh marketing Bank Mandiri Taspen bernama Marlin untuk mengajukan kredit dengan jaminan foto copy SK gaji, pada tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Pria Tanpa Identitas Ditemukan Sekarat di Pos Satpam Bank Mandiri Kendari

Tergiur dengan pinjaman tersebut, akhirnya Hamkah menerima tawaran kredit dengan jumlah nominal Rp 207.000.000 sesuai platform yang disepakati di kontrak perjanjian.

Namun menjadi keanehan, nasabah tersebut hanya menerima kredit senilai Rp 52.000.000 dari jumlah kredit yang diusulkan sesuai kontrak.

"Saya langsung datang tanya, kok dikasih cuman begitu. Saya dikasih tau sama marketingnya Marlin. Katanya untuk dana siap kapan saja bisa datang tarik, itu yang mereka bilang pada saat itu," ungkap Hamkah, Senin (16/1/2023).

Berjalan beberapa waktu kemudian nasabah datang ke pihak bank untuk menarik kembali sisa uang kredit yang tertera dalam buku rekening miliknya.

Nah, saat mau mengambil sisa uang di buku tabungan tersebut, rupanya uang itu sudah tidak bisa ditarik dengan alasan pihak bank sudah memblokir buku tabungan.

“Tabungan diblokir, tidak bisa ditarik itu uangnya, kok uang saya tidak bisa ditarik jangan sampai ini saya ditipu,” jelasnya.

Melihat kejanggalan itu, kemudian Hamkah meminta penjelasan lebih rinci dari pihak Bank Mandiri Taspen. Namun, yang didapat hanyalah jawaban yang tak memuaskan atau berbelit-belit tentang pemblokiran buku tabungan.

“Saya harap buku tabungan saya bisa dibuka blokirnya, supaya saya bisa ambil sisa uang yang ada di tabungan milik nama saya,” harap Hamkah.

Sementara itu, Alternate Operation Manager Bank Mandiri Taspen Kendari, Irwan mengatakan, pihaknya akan mengkonfirmasi terlebih dahulu ke orang yang melakukan komplain ke bank.

Baca Juga: Bank Mandiri Taspen Buka Lowongan Kerja Buat Lulusan SMA/SMK

"Apakah yang bersangkutan melakukan komplain, kalau pernah melakukan komplain ke bank harus ditau komplainnya apa. Kita tidak bisa buka datanya kalau bukan yang bersangkutan sendiri yang komplain," ujar Irwan ditemui di ruang kerjanya.

Irwan juga menjelaskan, terkait mekanisme rekening nasabah yang diblokir secara umum sesuai aturan Undang-Undang yang berlaku. Menurutnya tidak ada yang ditutup-tutupi mengenai pemblokiran tersebut.

"Kan kita belum tau ini persoalannya, tapi kalau untuk secara umum pemblokiran. Pertama atas permintaan nasabah, mungkin karena permintaan nasabah untuk dananya jaga-jaga disimpangkan ke bank. Kedua atas permintaan bank, mungkin dia kredit, mungkin kreditnya macet membayar angsuran. Makanya diblokir tapi itu atas persetujuan nasabah sendiri," jelasnya. (B)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga