Bantuan Korban Banjir di Sampang Madura Mulai Dikirim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
Bantuan Korban Banjir di Sampang Madura Mulai Dikirim
Penyerahan bantuan dari pemerintah yang diwakili Gubernur Khofifah kepada para korban banjir di Sampang Madura. Foto: Ist.

" Bantuan untuk korban bencana banjir di kabupaten Sampang Madura mulai berdatangan, salah satunya dari Pemprov Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Bantuan untuk korban bencana banjir di kabupaten Sampang Madura mulai berdatangan, salah satunya dari Pemprov Jawa Timur.

Kepala BPBD Jawa Timur, Gatot Subroto mengatakan, adapun upaya yang telah dilakukan oleh BPBD antara lain telah melakukan assement dan melakukan koordinasi bersama dengan BPBD Kabupaten Sampang dan perangkat desa setempat yang terdampak.

"Sejak 29 Desember hingga saat ini kami terus melakukan pemantauan ketinggian debit air. Kami juga telah mendirikan dapur umum di Kantor Dinsos dan PMI, serta menyiagakan kendaraan mobilisasi serta peralatan untuk penanganan," ujarnya, Selasa (3/1/2023).

Lebih lanjut Gatsu, sapaan akrab Gatot Subroto mengatakan, berbagai peralatan rescue BPBD Jawa Timur juga telah disiagakan antara lain kendaraan Ranger/Rescue, Perahu Karet, Life vest dan pelampung, Alat Komunikasi, APD, Alkon/Pompa, Truk Serbaguna dan Truk Evalog.

"Selain itu terkait jumlah personil yang kami terjunkan terdapat 18 Personil TRC BPBD, ada juga dari 15 Personil Kesehatan dari Dinkes dan Pusat Krisis Kesehatan Regional Jatim, 10 Tagana Dinsos dan 8 PMI," imbuhnya.

Baca Juga: Kemenag Warning ASN Terlibat Penggunaan Politik Identitas

Selain itu, Gatot menambahkan, terkait kebutuhan kesehatan bagi masyarakat setempat Dinas Kesehatan Jawa Timur dan Pusat Krisis Kesehatan Regional setempat juga telah menyiagakan ambulance, obat-obatan, makanan ringan, abate, alat komunikasi dan perahu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, upaya mengantisipasi banjir juga telah dilakukan dengan melakukan pengerukan Kali Kemuning. Selain itu, pengalengan dan pelebaran juga telah dilakukan.

"Nah, dari kali Kemuning itu kan ada dua muara yang ketemu nanti dekat  PP. At-Taroqqi Karongan, saya pernah ke sana. Waktu itu dengan pimpinan dari unit PUPR yang ada di Jawa Timur. Memang itu harus dibuatkan kanal. kalau di Jakarta itu seperti  Banjir Kanal Timur karena ada pertemuan dua arus sehingga air langsung ke laut," jelas Khofifah.

Baca Juga: Surga Kecil di Desa Wakumoro Kabupaten Muna yang Diselimuti Cerita Legenda dan Mistik

Sebagai informasi, penyebab dari banjir yang terjadi di Kabupaten Sampang sendiri, yakni merupakan luapan dari beberapa sungai diantaranya Sungai Panyepen, Sungai Banyumas, dan Sungai Kemuning Sampang.

Saat ini kondisi lokasi banjir di Kabupaten Sampang Senin siang, terpantau surut. Adapun beberapa lokasi di Kecamatan Sampang yang terdampak yakni di sembilan Desa dan Kelurahan, diantaranya Desa Pangelen, Desa Kamuning, Desa Karongan, Kelurahan Gunung Sekar, Kelurahan Dalpenang, Kelurahan Rongtengah, Kelurahan Karang Dalem, Kelurahan Polagan dan Kelurahan Banyuanyar.

Selain itu, beberapa banjir juga merusak fasilitas umum, tiga unit pasar, 12 unit sekolah dan terminal Trunojoyo pun beberapa waktu lalu ikut terendam banjir. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga