Banyak Sampah di Lorong-Lorong, DLHK Berencana Bentuk Komunitas Peduli Lingkungan

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 05 Agustus 2020
0 dilihat
Banyak Sampah di Lorong-Lorong, DLHK Berencana Bentuk Komunitas Peduli Lingkungan
Penampakan sampah di pinggir jalan dan lorong Kota Kendari. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Itu salah satunya di area Jalan HEA Mokodompit, depan kampus Universitas Halu Oleo. Iya, Insya allah tahun 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID – Banyaknya tumpukan sampah yang tertebaran di lorong-lorong Kota Kendari membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari mengambil langkah cepat.

Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengaku, telah beberapa kali mengadakan rapat terhadap lurah dan camat se-Kota Kendari perihal permasalahan sampah yang hingga sekarang masih menjadi masalah.

“Kalau di lorong-lorong kami berharap dan sudah beberapa kali kami rapat dengan lurah dan camat, supaya ada komunitas peduli lingkungan yang dibentuk di tingkat RT atau kelurahan yang mengambil sampah dari rumah warga untuk dibawa ke TPS terdekat,” ujar Nismawati, Rabu (5/8/2020).

Dengan dibentuknya komunitas peduli lingkungan di tingkat RT kata Nismawati, agar masyarakat ikut andil serta menumbuhkan kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Triwulan II, DPM-PTSP Sultra Capai Target Investasi 2020

Selain itu komunitas juga nantinya akan mengambil sampah dari rumah-rumah warga untuk di bawah ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terdekat yang sudah di sediakan.

“Sebenarnya warga yang membuang sampah sembarang bukan karena kurangya bak sampah, tetapi itu perilaku menurut saya. Ada banyak orang membuang sampah yang bukan pada tempatnya, di mana tempat mereka buang sampah sebenarnya ada bak sampah yang tidak terlalu jauh dari situ,” jelasnya.

Selain itu Nismawati juga mengungkapkan akan adanya penambahan TPS di lorong-lorong yang tidak memiliki bak pembuangan sampah.

"Itu salah satunya di area Jalan HEA Mokodompit, depan kampus Universitas Halu Oleo. Iya, Insya allah tahun 2021," tutupnya.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

Baca Juga