Bawaslu Muna Bakal Diperiksa Soal Laporan Paslon TERBAIK

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 12 November 2020
0 dilihat
Bawaslu Muna Bakal Diperiksa Soal Laporan Paslon TERBAIK
Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Sultra, Sitti Munadarma. Foto: Kardin/Telisik

" Sudah tiga kali kita melapor, tapi anehnya Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa tidak menindaklanjuti kasus itu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim Paslon Rusman Emba-Bachrun Labuta melaporkan salah satu anggota Komisioner Bawaslu Kabupaten Muna di tingkat provinsi.

Hal itu dilakukan karena ditengarai oleh lambatnya penanganan pelaporan pihak Paslon berakronim TERBAIK itu di Bawaslu Muna, yang ditangani Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa.

Jubir Paslon TERBAIK, Darmono meminta, agar pihak Bawaslu Sultra turun ke Muna guna melakukan supervisi terhadap kerja-kerja Bawaslu Muna, terutama pada Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa.

Karena, menurut Darmono, divisi tersebut yang ditangani oleh Askar dinilai tidak adil dalam penanganan laporan yang diajukan oleh Paslon TERBAIK.

"Karena kenapa, ketika tim Paslon RAPI (Rajiun-La Pili) melapor, itu langsung segera diproses, semua dipanggil. Tapi, ketika tim Rusman Emba yang melapor, itu tidak ada panggilan klarifikasi, tidak ada panggilan terlapor. Tiba-tiba itu laporan dihentikan dengan alasan tidak memenuhi unsur formil materi," urai Darmono usai melapor di Bawaslu Sultra, Kamis (12/11/2020).

Laporan itu, kata dia, telah dilakukan berkali-kali, mulai dari dugaan keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Paslon RAPI, melakukan kampanye di luar jadwal yang sudah ditentukan serta laporan tentang pelibatan aparat desa.

Baca juga: Ini Daerah Target Kemenangan PKS di Pilkada Sultra

"Sudah tiga kali kita melapor, tapi anehnya Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa tidak menindaklanjuti kasus itu," bebernya.

Sementara itu, Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Sultra, Sitti Munadarma menerangkan, pihaknya telah menerima laporan dari pihak tim TERBAIK dan akan segera ditindaklanjuti.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, pihaknya akan membentuk tim supervisi untuk memeriksa seluruh dokumen laporan terkait dugaan pelanggaran Pilkada di Muna.

"Intinya semua yang menjadi kerja-kerja kita di Bawaslu harus kita respon dengan cepat. Malam ini kita langsung akan rapat pimpinan dan kalau bisa besok kita langsung ke Muna," tegasnya.

Jika benar ada indikasi pelanggaran yang dilakukan oknum anggota Bawaslu Muna, pihak provinsi langsung mengambil langkah tegas.

"Kalau itu benar terjadi, kita akan lakukan pembinaan dan secara etik kita bisa di DKPP-kan," cetusnya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga