Bawaslu RI Pantau Khusus Pilkada Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 18 September 2020
0 dilihat
Bawaslu RI Pantau Khusus Pilkada Muna
Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edwar Siregar berkunjung di Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pelaksanaan Pilkada menjadi tanggungjawab kita bersama. "

MUNA, TELISIK.ID - Pelaksanaan Pilkada Muna mendapat perhatian khusus dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI).

Jumat (18/9/2020), Kordiv Hukum, Humas dan Ditan Bawaslu RI, Fritz Edwar Siregar turun langsung memantau pelaksanaan tahapan Pilkada di Bumi Sowite.

Fritz bilang, Pilkada Muna menjadi perhatian khusus agar tidak terulang kembali Pemungutan Suara Ulang (PSU) seperti Pilkada 2015 silam. Makanya, pengawasan harus terus ditingkatkan, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan Pilkada menjadi tanggungjawab kita bersama," kata Fritz.

Tugas dan fungsi Bawaslu dalam Pilkada adalah pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Untuk pelaporan temuan dugaan pelanggaran bisa dilakukan melalui daring ataupun langsung. Begitu juga dengan prosesnya.  

Baca juga: Ketua KPU Muna: Pilkada Bukan untuk Merenggut Nyawa

"Setiap pelanggaran akan diberi sanksi berupa teguran, administrasi bahkan diskualifikasi terhadap calon," ungkapnya.

Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19, menurut Fritz yang harus diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan. Ia berpesan pada Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dalam pelaksanaan kampanye nantinya, untuk tidak menghadirkan massa dengan jumlah yang besar.  

"Dibutuhkan kerja sama kita semua agar tidak menimbulkan klaster COVID-19 baru," ujarnya.

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menyampaikan terima kasih pada komisioner Bawaslu RI yang mau memberi pencerahan bagi petugas di lapangan, sehingga nantinya dalam menjalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

"Kita berharap dugaan pelanggaran bisa diminimalisir, sehingga tidak terulang kembali PSU," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga