PDIP Sumatera Utara Rombak Bacaleg Dapil Deli Serdang

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
PDIP Sumatera Utara Rombak Bacaleg Dapil Deli Serdang
Sekretaris DPD PDIP Sumatera Utara, Soetarto (kiri) bersama dengan pengurus PDIP Kota Medan dalam kegiatan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat. Foto: Dokumentasi tim PDIP Sumatera Utara

" Pengurus PDIP, menggantikan bakal calon DPRD Sumatera Utara untuk mengikuti pemilihan legislatif selama proses pencermatan "

MEDAN, TELISIK.ID - Pengurus PDIP, menggantikan bakal calon DPRD Sumatera Utara untuk mengikuti pemilihan legislatif selama proses pencermatan.

Adapun bacaleg yang berganti adalah Darmawansyah Sembiring digantikan dengan Brilian Moktar. Mereka berada di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara 3, merupakan Kabupaten Deli Serdang dan mendapatkan nomor urut 5.

Sekretaris DPD PDIP Sumatera Utara, Soetarto ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya pergantian bacaleg itu selama proses pencermatan daftar calon tetap (DCT).

Baca Juga: 15 Parpol di Muna dan Muna Barat Ajukan Perubahan Bacaleg, KPU Lakukan Verifikasi

"Jadi, partai tidak memaksa adalah seorang yang ingin mendaftar sebagai calon legislatif ataupun yang ingin mengundurkan diri. Untuk saat ini, yang bersangkutan (Darmawansyah Sembiring) menyatakan mengundurkan diri. Artinya partai sudah menerima surat pengunduran dirinya," kata Soetarto, kepada Telisik.id, Rabu (4/10/2023) siang.

Menurutnya, seluruh bacaleg yang ada di PDIP Sumatera Utara telah melewati proses penjaringan sesuai dengan aturan.

"Jadi, pengunduran diri itu merupakan keputusan dari yang bersangkutan. Sedangkan sosok penggantinya Brilian Moktar telah melewati proses penjaringan. Jadi, tidak ada yang menyalahi," terangnya.

Baca Juga: Polri Aktifkan Operasi Satgas Lawan Isu SARA Jelang Pemilu 2024

Sedangkan Darmawansyah Sembiring, membenarkan adanya pengunduran diri sebagai Bacaleg dari PDIP Sumatera Utara Dapil Sumatera Utara 3.

"Jadi saya mengundurkan diri karena itu inisiatif saya. Tidak ada unsur paksaan atau intervensi dari pengurus," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga