Beberapa Daerah di Sultra Waspada Puting Beliung

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 24 November 2020
0 dilihat
Beberapa Daerah di Sultra Waspada Puting Beliung
Penampakan angin puting beliung. Foto: Repro Sinarharapan.co

" Apalagi bila di daerah tersebut pernah mengalami bencana tersebut (angin puting beliung). "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan potensi terjadinya cuaca ekstrem 10 daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

10 daerah itu adalah Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana dan Kabupaten Buton Utara.

Masyarakat di daerah tersebut diminta waspada terhadap potensi terjadinya angin puting beliung.

"Apalagi bila di daerah tersebut pernah mengalami bencana tersebut (angin puting beliung)," kata Prakirawan BMKG Kendari, Faisal Habibie, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Harga Buah Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru

Faisal mengatakan, angin puting beliung adalah satu bencana hidrometeorologi yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur dan angin.

Pemicu angin puting beliung, kata Faizal adalah awan cumulonimbus (Cb). Diketahui, awan Cb adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Kepada masyarakat dihimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi terjadinya puting beliung akibat cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hingga 27 November 2020. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga