adplus-dvertising

Begini Cara Jaga Kesehatan Pernapasan Agar Terhindar COVID-19

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 09 Mei 2020
5100 dilihat
Begini Cara Jaga Kesehatan Pernapasan Agar Terhindar COVID-19
Menjaga kesehatan pernafasan. Foto: Repro Lifestyle.Okezone.com

" Ketika seseorang terinfeksi, maka kondisi dari sistem pernapasan mereka akan menentukan seberapa parah mereka ketika terinfeksi penyakit tersebut. "

KENDARI, TELISIK.ID - COVID-19 menjadi momok menakutkan saat ini bagi masyarakat, bukannya tanpa sebab, penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut saat ini telah membunuh ribuan jiwa di Indonesia.

Ketika seseorang terinfeksi, maka kondisi dari sistem pernapasan mereka akan menentukan seberapa parah mereka ketika terinfeksi penyakit tersebut.

Menurut Dr Robert Eitches, seorang ahli alergi dan imunologi di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan pernapasan, hanya dengan mengubah beberapa faktor gaya hidup.


Menurut Dr Eitches, meningkatkan kesehatan sistem pernapasan tidak hanya mencegah Anda dari infeksi COVID-19, tetapi juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit jika Anda terinfeksi COVID -19.

Beberapa cara meningkatkan sistem pernapasan, seperti dilansir Cnn Indonesia dan Medcom.

Baca juga: Sempat Anjlok, Menkeu Sebut Rupiah Kembali Menguat

Berhenti Merokok 

Salah satu tahapan penting untuk meningkatkan kesehatan sistem pernapasan adalah dengan menjauhi apapun yang dapat menurunkan fungsi paru seperti merokok dan vaping, menurut Dr Eitches. Merokok dan vaping dapat menyebabkan iritasi pada paru yang menyebabkan kerusakan permanen dan merusak fungsi paru dengan merusak jaringan paru.

Berolahraga 

Olahraga dapat meningkatkan kapasitas sistem pernapasan atau kemampuan bernapas. Dr Ryan Steele, ahli alergi-imunologi dan asisten profesor di Yale School of Medicine, mengatakan bahwa agar kantung paru-paru memiliki kapasitas udara yang banyak, seseorang harus aktif bergerak.

“Dengan berolahraga, Anda akan memperluas dan membuka kantung udara di paru-paru Anda,” ujar Dr Steele.

Mengurangi Penumpukan Lendir 

"Lendir secara alami terjadi di tubuh kita, dan itu menyediakan fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan di saluran pernapasan kita," kata Dr Steele. Ini membantu untuk menangkap alergen, bakteri dan virus.

Baca juga: Kakek 61 Tahun Tega Nodai Cucunya Sendiri

Di saluran pernapasan kita, kita memiliki rambut kecil yang disebut silia yang memindahkan kotoran dari saluran pernapasan. Ada beberapa metode untuk mengendalikan lendir berlebih, yaitu dengan menyemprotkan saline nasal pray ketika Anda mengalami alergi. Mandi air panas juga bisa bermanfaat karena uap akan mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari dalam sistem pernapasan.

Mengurangi Paparan Alergen

“Ketika anda alergi, anda mengalami pembengkakan pada jaringan hidung bagian dalam dan produksi lendir yang berlebihan," ujar Dr Eitches.

“Ketika hidung tersumbat, maka Anda akan bernapas melalui mulut. Sedangkan paru-paru membutuhkan udara yang hangat, bersih, dan lembap yang bisa didapatkan jika Anda bernapas melalui hidung,” tambahnya.

Mengelola kotoran seperti debu melalui filter udara dan mencegah hal-hal yang bisa memicu alergi merupakan cara yang terbaik dalam hal ini.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga