Begini Cara Privasi Aplikasi Getcontact Agar Tak Disadap Orang Lain

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 25 Juli 2024
0 dilihat
Begini Cara Privasi Aplikasi Getcontact Agar Tak Disadap Orang Lain
Getcontact merupakan salah satu aplikasi pencari kontak yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Foto: Repro Istockphoto

" Getcontact menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan identitas nomor mereka saat dicari dalam aplikasi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Aplikasi Getcontact kerap menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mencari identitas sebuah nomor telepon. Aplikasi ini menyediakan informasi seperti nama, tempat kerja, hingga sekolah dari pemilik nomor tersebut.

Dengan menggunakan Getcontact, pengguna dapat mengetahui bagaimana nomor mereka disimpan oleh orang lain di kontak ponsel. Namun, bagi sebagian orang, keterbukaan informasi pribadi ini bisa menjadi cukup mengganggu.

Informasi pribadi kita dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang melalui aplikasi ini. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, Getcontact menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan identitas nomor mereka saat dicari dalam aplikasi, seperti dilansir dari Tirto.id, Kamis (25/7/2024).

Getcontact memiliki fitur bernama Visibility yang dapat digunakan untuk menyembunyikan nomor ponsel. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menjaga privasi dan menghindari agar nomor mereka tidak terdeteksi oleh pengguna lain.

Saat fitur ini diaktifkan, nomor ponsel pengguna tidak akan ditampilkan ketika dicari oleh orang lain di Getcontact, Telisikers dapat langsung menuju laman resminya.

Baca Juga: Resmi Hadir di Indonesia, Ini Perbedaan Poco Pad yang Mirip Tablet Redmi Pad Pro

Untuk menyembunyikan nomor di Getcontact, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke laman https://www.getcontact.com/en/manage. Setelah itu, pengguna harus login menggunakan WhatsApp atau SMS.

Jika memilih untuk menggunakan WhatsApp, pengguna perlu memindai kode QR yang ditampilkan dan mengirimkan teks pada akun WhatsApp Getcontact. Setelah berhasil login, pengguna akan masuk ke laman Home. Di laman ini, pilih menu Visibility Settings.

Pada menu tersebut, geser toggle untuk mematikan Search Visibility. Selanjutnya, akan muncul notifikasi dan pilih tombol Yes. Dengan begitu, nomor ponsel Anda telah disembunyikan dari pencarian di Getcontact.

Baca Juga: Terpantau Google 24 Jam? Begini Cara Stop Pelacakan dan Hapus Data Pribadi dari Riwayat Pencarian

Anda dapat mencoba mencari nomor ponsel Anda di aplikasi untuk memastikan bahwa nomor tersebut tidak lagi muncul.

Dengan menyembunyikan nomor ponsel, pengguna dapat menjaga privasi mereka dari gangguan pihak lain. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang menghargai privasi dan ingin memastikan bahwa informasi pribadi mereka tidak tersebar luas.

Selain itu, langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah dan cepat, sehingga siapa pun dapat melakukannya tanpa kesulitan. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga