adplus-dvertising

Begini Gambaran Dahsyatnya Hari Kiamat Menurut Al-Quran

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 10 Februari 2022
4612 dilihat
Begini Gambaran Dahsyatnya Hari Kiamat Menurut Al-Quran
Mari persiapkan diri menghadapi dahsyatnya hari kiamat dengan memperbanyak ibadah dan amal shaleh lainnya. Foto: Repro Liputan6.com

" Gambaran tentang terjadinya hari kiamat banyak dijelaskan baik dalam Al-Qur’an ataupun hadis Rasulullah SAW "

KENDARI, TELISIK.ID - Datangnya hari kiamat telah diceritakan oleh Rasulullah SAW. Umat muslim yang beriman pun wajib memercayai dan mengimani hari akhir.

Kendati demikian, Nabi Muhammad SAW tidak memberikan penjelasan pasti waktu datangnya kiamat. Rasul hanya memberikan tanda-tanda datangnya hari di mana seluruh dunia akan hancur lebur.

Gambaran tentang terjadinya hari kiamat banyak dijelaskan baik dalam Al-Qur’an ataupun hadis Rasulullah SAW. Di antara ayat Al-Qur'an yang berbicara gambaran hari kiamat adalah surat Al-Hajj.


Surat Al Hajj terdiri dari 78 ayat yang pada awalnya menjelaskan kepada manusia berkaitan dengan kiamat.  

"Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat)." (QS. Al Hajj: 1).

"(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya." (QS. Al Hajj: 2). 

Dikutip republika.co.id, menurut tafsir ringkas Kementerian Agama RI, ayat ini mengimbau agar manusia mawas diri serta menjaga diri-Nya dari azab Allah pada hari kiamat dengan beriman dan bertakwa.

“Wahai manusia! saatnya kamu menyimak pesan Allah, bertakwalah kepada Tuhanmu dengan beriman dan melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya; sungguh, meskipun kamu belum mengalami, guncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar, menyebabkan manusia takut, panik dan tak tahu harus berbuat apa.  

Kedua, Ingatlah wahai manusia, pada hari ketika kamu melihatnya, goncangan dahsyat pada hari kiamat itu, semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, karena terkejut dan panik; dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, karena goncangan dahsyat itu; dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, seperti orang yang tidak sadar, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk tetapi azab Allah yang terjadi pada hari kiamat itu sangat keras dirasakan oleh orang-orang kafir.”  

Melansir Galajabar.com, selain dalam surat Al Hajj, gambaran tentang dahsyatnya hari kiamat juga tercantum dalam beberapa surat dan ayat berikut ini:

1. QS Az Zumar ayat 5

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)."

Ayat ini menggambarkan saat malaikat Israfil mulai meniupkan sangkakala yang menyudahi kehidupan di bumi dan langit.

2. QS Yasin ayat 49-50

Pada surat Yasin ayat 49-50 dijelaskan bahwa tiupan sangkakala yang menakutkan dan menghancurkan.

Baca Juga: Mungkinkah Manusia Bisa Mengubah Takdir?

Kala itu, semua manusia dapat mendengar namun tak dapat memberikan wasiat ataupun kembali ke keluarganya.

"Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar. Lalu mereka tidak kuasa membuat suatu wasiat pun dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya."

3. QS Al Insyiqaq ayat 1-4

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa kiamat kubra menunjukkan bumi yang benar-benar hancur. Kehancuran itu baik sebab benturan atau hilangnya gravitasi.

Sementara gunung-gunung ikut hancur dan mengeluarkan apa yang dikandungnya.

"Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh, dan apabila bumi diratakan, dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong,"

4. QS Al Infithar ayat 2-3

Ayat ini juga menggambarkan bahwa kekacauan alam semesta akibat hilangnya gaya gravitasi. Bintang-bintang jatuh berserakan.

Bahkan, saat hari kiamat datang, lautan sampai menenggelamkan daratan.

"dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, dan apabila lautan dijadikan meluap."

5. QS Al Zalzalah ayat 1-2

Dalam surat Al Zalzalah 1-2 ini digambarkan bahwa bumi mengalami guncangan dahsyat. Guncangan itu menyebabkan isi perut bumi berhamburan yakni logam, harta simpanan hingga mayat-mayat dari kubur.

"Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya."

6. QS. Al Qariah ayat 4

Baca Juga: 8 Tujuan Mulia Pernikahan Menurut Al-Quran dan Hadis

Disebutkan bahwa saat hari kiamat tiba, manusia diibaratkan seperti laron yang beterbangan di sekeliling lampu di malam hari.

"Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan."

Sementara itu, Habib Nabiel Al Musawa mengatakan, terjadinya kiamat itu sangat berat, bahkan jin dan malaikat akan terkena dampaknya. Tak terkecuali yang meniup sangkakala juga akan mati.

"Nanti terjadinya kiamat itu, amat sangat berat. Karena yang merasakan kiamat yang akan kena seluruhnya kecuali Allah SWT. Jin juga kena, malaikat juga kena, bahkan yang niup sangkakala mati juga," kata Habib Nabiel Al Musawa. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Baca Juga