Begini Kronologi Mahasiswa Kedokteran UHO Positif COVID-19

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 05 Juli 2020
0 dilihat
Begini Kronologi Mahasiswa Kedokteran UHO Positif COVID-19
Salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran UHO terkonfirmasi positif COVID-19. Foto: Repro Google.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) terkonfirmasi positif COVID-19.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Telisik.id dari beberapa mahasiswa yang ada di sekitar gedung Fakultas Kedokteran UHO pada Kamis (2/7/2020), membenarkan adanya seorang mahasiswa Kedokteran yang terjangkit virus corona.

Saat dikonfirmasi, Humas UHO, La Ode Abdul Hamdan Hakim membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, mahasiswa Kedokteran tersebut tertular COVID-19 karena tertular dari orangtuanya.

Hamdan menjelaskan, berawal dari orang tuanya saat melakukan pemeriksaan asam lambung yang dideritanya di salah satu rumah sakit di Baubau yang juga merawat pasien COVID-19. Namun karena belum puas, maka tibanya di Kendari untuk menemani dan menyaksikan anaknya yang akan mengikuti ujian akhir di UHO, Ia pun kembali memeriksa penyakitnya di Rumah Sakit (RS) Bahteramas.

"Dia (Ibu dari mahasiswa Kedokteran tersebut) dites lagi di Bahteramas agar lebih puas. Ternyata setelah dites lab, beberapa hari kemudian ternyata hasilnya Ibu itu positif COVID-19. Setelah itu, Ia (mahasiswa) dan kakaknya yang bersamanya ikut juga dites, dan ternyata juga poaitif," katanya kepada Telisik.id saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (2/7/2020).

Saat ini, lanjut Hamdan, mahasiwa beserta Ibu dan kakaknya sedang diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Bahteramas.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sultra Bertambah Lagi, Kini 479 Kasus

Selain itu, Ia melanjutkan, sebelum diketahui terkena COVID-19, mahasiswa tersebut sempat mengikuti ujian di kampus yang dibagi menjadi beberapa gelombang pada Kamis pekan lalu. Sehingga, sekitar 20 mahasiwa lainnya yang satu gelombang dengan mahasiswa tersebut beserta dosen pembimbing dan pengujinya ikut diperiksa.

"Saya sudah konfirmasi di Fakultas (kedokteran). Mereka diperiksa, ini tinggal menunggu hasilnya. Mungkin dua atau tiga hari ini, atau hari Senin depan hasilnya keluar. Dosen pembimbing dan pengawasnya ikut dites, intinya ada sekitar 20 orang diperiksa," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Juru Bicara Satgas COVID-19, dr. Laode Wayong Rabiul Awal tiga hari belakangan ini jumlah kasus positif COVID-19 terus mengalami peningkatan. Pada Kamis (2/7/2020), di Sultra kembali mengalami penambahan positif sebanyak 59 orang.

Dimana, penambahan tersebut berasal dari Kabupaten Kolaka Utara 18 orang, Kota Kendari 14 orang, Kota Baubau 20 orang, Kabupaten Kolaka 3 orang, Kabupaten Buton Selatan 2 orang, dan Kabupaten Konawe Utara 2 orang.

Sementara pada Jumat (3/7/2020), kasus positif COVID-19 bertambah 11 kasus, dan sembuh sebanyak 10 orang. Sedangkan pada Sabtu (4/7/2020) kasus positif COVID-19 di Sultra mengalami penambahan sebanyak empat orang dan sembuh lima orang. Empat penambahan kasus tersebut berasal dari Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) satu orang dan Kota Kendari tiga orang.

Saat coba dikonfirmasi, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 RS Bahteramas, dr Didin Rohidin memberikan tanggapannya bahwa memang ada pasien baru terkonfirmasi positif. Hanya saja, ia tidak tahu persis kalau di antaranya ada mahasiswa UHO.

"Maaf Pak, saya tidak tau kalau ada pasien mahasiswa UHO. Hari ini memang ada pasien baru terkonfirmasi positif," tulisnya dalam pesan WhatsApp, Sabtu (4/6/2020).

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga