Beginilah Kehidupan Alwiansyah Sebelum Jadi Artis Cilik Terkenal

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
Beginilah Kehidupan Alwiansyah Sebelum Jadi Artis Cilik Terkenal
Sosok Alwiansyah yang miliki suara merdu dan pandai mengaji. Foto: Repro Instagram

" Alwi yang berasal dari Desa Amamotu, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka dan bersekolah di SMP Negeri 2 Wolo. Lahir dari seorang Ibu bernama Indese dan Ayahnya bernama Abdurahim. "

KENDARI, TELISIK.ID – Siapa yang tidak kenal sosok Alwiansyah, yang tiba-tiba menjadi artis cilik fenomenal karena memiliki suara dan wajah lucu ketika bernyanyi.

Alwi sapaannya, populer setelah video saat ia bernyanyi menjadi viral di media sosial.

Tak cuma suaranya saja yang bagus, gaya Alwiansyah saat bernyanyi juga menjadi sesuatu hal yang berbeda dari yang lain. Saat bernyanyi, Alwiansyah kerap menampilkan ekspresi dengan mimik muka yang lucu.

Kini dengan ketenarannya, banyak artis dan siaran TV yang mengundangnya untuk mengisi acara. Bahkan Alwi juga bahkan sudah mencicipi dapur rekaman dengan dibantu Posan Tobing eks Drumer Kotak.

Maka Pundi-pundi uang pun telah berhasil dikumpulkan Alwi, bahkan kini uang yang dikumpulkan untuk membangun rumah ke dua orangtuanya. Namun jauh sebelum itu, kehidupan bocah usia 13 tahun itu bisa dikatakan serba kekurangan.

Alwi yang berasal dari Desa Amamotu, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka dan bersekolah di SMP Negeri 2 Wolo. Lahir dari seorang Ibu bernama Indese dan Ayahnya bernama Abdurahim.

Baca juga: Sosok Alwiansyah, Bocah Kolaka Punya Suara Merdu dan Unik

Kehidupan mereka cukup memprihatinkan, ayahnya hanyalah petani sekaligus buruh serabutan, sementara ada lima saudara alwi yang harus disekolahkan dan mesti di beri kebutuhan lainnya.

Untuk membantu kehidupan keluarganya Alwi, sepulang sekolah ia akan naik gunung untuk membantu orangtuanya memetik cengkeh. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan Ibu Indese masih mendapatkan bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH).

Hanya saja, lahan yang mereka gunakan itu sebenarnya bukan milik mereka sendiri, tapi milik orang lain.

Alwi pertamakali diketahui memiliki suara merdu saat bernyanyi di ruang kelas ketika masih sekolah dasar. Sontak saja salah seorang guru bernama Pak Yahya mendengar Alwi sedang bernyanyi. Kemudian guru itu bertemu Alwi dan ke dua orang tuanya agar Alwi ini bisa ikut MTQ tingkat kecamatan.

Bukan perkara mudah bagi Alwi, ketika akan mendaftarkan diri sebagai peserta ternyata tidak bisa lagi menerima peserta. Namun Pak Yahya coba meyakinkan pihak panitia agar Alwi bisa ikut dalam lomba.

Dia pun menunjukan kebolehan di depan panitia, maka dengan pertimbangan khusus maka Alwi mendapatkan kesempatan menjadi peserta. Dengan tekad kuat Alwi bersemangat untuk terus berlatih mengasah kemampuannya untuk berkompetisi di MTQ tingkat kecamatan.

Perjuangan panjang pun tak menjadi sia-sia. Alwi berhasil meraih juara dua serta menjadi peserta favorit.

Bakat dan keunikan Alwiansyah ditemukan oleh Posan Tobing. Ia diboyong dari Kolaka menuju Jakarta, karena Posan meyakini potensi Alwiansyah ini bisa dipupuk dan diorbitkan.

Baca juga: Sulaiman Al Rajhi: Menyumbangkan Seluruh Hartanya untuk Amal

Tak tanggung-tanggung, Posan sudah menyiapkan beberapa lagu buat Alwi si bocah viral. Untuk melakukan ini, Posan belajar dulu dari bagaimana Ruben Onsu membesarkan nama Betrand Peto. Karena tentu tak mudah mengajak anak semuda Alwi untuk belajar mengadu nasib di ibukota.

Dilansir dari kanal YouTube StarPro Indonesia, Posan Tobing mengatakan, bakal membantu Alwi terjun di industri musik dan hiburan Tanah Air.

"Dari ceritanya saya kepengin lebih lagi mengorbitkan Alwi. Semoga masyarakat semuanya bisa menerima karya-karyanya Alwi, biar cita-citanya Alwi kesampaian," ucap Posan Tobing.

Ketika menginjakkan kaki di kota Jakarta dan meninggalkan kampung halamannya, Alwi bermimpi untuk membahagiakan orangtuanya.

"Mau kasih umrah orangtua, beli kasur empuk," kata Alwi.

Saat ini, Alwi tinggal di rumah Posan Tobing.  Posan kemudian bercerita tentang impian sederhana Alwi.

"Alwi kepengin banget kalau udah jadi artis, pengin beli tempat tidur yang empuk buat mama papanya, bagusin rumah," kata Posan.

Alwi juga bermimpi bisa merenovasi rumahnya, membelikan orangtuanya motor atau mobil.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

Baca Juga