Belum Ada Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 13 April 2020
0 dilihat
Belum Ada Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini
Kegiatan jamaah haji di Kabah. Foto: Google

" Dengan adanya COVID-19 ini juga manasik haji yang sempat terhenti kita akan dilakukan melalui online dan bahan manasik sudah kami kirim melalui grup WhatsApp. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari menyatakan belum ada pembatalan ibadah haji tahun 2020 secara resmi dari Kementerian Haji Arab Saudi.

"Sesungguhnya belum ada pembatalan karena tidak ada instruksi yang disampaikan oleh Kementerian Haji Arab Saudi tentang itu. Sekarang itu yang baru ada itu adalah penundaan kontrak pembayaran konsumsi, akomodasi dan transportasi," ungkapnya, Senin (13/4/2020)

Sedangkan untuk pelayanan manasik Haji sudah dilaksanakan sejak Desember sampai pada awal Maret, tetapi dengan adanya COVID-19 mengalami penghentian sementara.

Baca juga: Ambulans Pengantar Pasien Corona Asal Bombana Tabrak Pembatas Jalan

"Dengan adanya COVID-19 ini juga, manasik haji yang sempat terhenti kita akan lakukan melalui online dan bahan manasik sudah kami kirim melalui grup WhatsApp," tambah Sunardin.

Kemenag juga mengimbau jamaah haji tidak perlu risau untuk pelaksanaan haji dengan adanya COVID-19 jika mengalami pembatalan.

"Kami tetap akan menjaga jamaah haji untuk tetap tidak dirugikan, jika pelaksanaan haji mengalami penundaan dan hak-haknya, tetap akan kami penuhi, dan mereka akan menjadi prioritas di tahun 2021," pungkasnya

 

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Baca Juga