BLK Kendari Gandeng Kadis Nakertrans se-Sultra Gelar Rakor Pelatihan Kerja 2021

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
BLK Kendari Gandeng Kadis Nakertrans se-Sultra Gelar Rakor Pelatihan Kerja 2021
Pembukaan rakor BLK Kendari bersama Kadisnakertrans. Foto: Ist.

" Kita sinkronkan program kerja untuk menjadi acuan pelaksanaan program kerja di 2021 berdasarkan kebutuhan masyarakat di tiap daerah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari gelar rapat koordinasi (rakor) pelatihan kerja, Jumat (18/12/2020).

Rakor tersebut dilakukan dalam rangka mensinkronkan program kerjanya, sesuai kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di dunia usaha dan industri yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra)

Sebanyak 60 orang menjadi peserta dalam rakor tersebut, terdiri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) se-Sultra, delapan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK di Sultra, lima pimpinan BLK Komunitas, dan para Kepala Seksi di BLK Kendari.

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu dalam sambutannya menuturkan, kegiatan rakor yang terselenggara saat ini bertujuan untuk mensinergikan program-program pelatihan kerja antara daerah dan pusat, dalam menciptakan SDM unggul pada dunia usaha dan industri di 2021.

"Kita sinkronkan program kerja untuk menjadi acuan pelaksanaan program kerja di 2021 berdasarkan kebutuhan masyarakat di tiap daerah," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya membutuhkan peran serta seluruh pihak terkait, baik itu Disnakertrans se-Sultra, BLK UPTP, dan BLK Komunitas untuk duduk bersama melahirkan gagasan dan ide dalam pengembangan SDM sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kita padukan dengan metode pelatihan kerja BLK Kendari, seperti boarding atau pelatihan yang siswa atau pesertanya diasramakan, kemudian non boarding atau peserta pelatihan tidak diasramakan. Namun lokasi pelatihannya tetap diselenggarakan di BLK Kendari, dan Mobile Training Unit (MTU) atau pelatihan yang diselenggarakan di luar Kota Kendari," jelasnya.

Baca juga: Hari Ini, 87 Pasien COVID-19 di Sultra Sembuh

Kondisi ini, lanjut mantan Kepala Bagian Rumah Tangga Kemnaker RI, tentu dapat mengurangi angka pengangguran secara signifikan dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat Sultra secara universal.

"Targetnya, minimal dari ilmu pelatihan yang diperoleh telah mampu menolong mereka secara mandiri dan keluarganya atau orang banyak. Apalagi, dengan ilmu keterampilan itu, mereka juga mampu untuk membuka lapangan kerja baru," tandasnya.

Ketua DPRD Sultra, H Abdurahman Saleh dalam sambutannya juga menambahkan, bahwa pihaknya sangat mendukung kerja BLK Kendari dalam peningkatan sumber daya manusia guna melahirkan generasi-generasi kreatif yang kompeten, memiliki daya saing dan tentunya mampu menciptakan lapangan kerja baru.

"Negara harus hadir dalam menunjang niatan tulus ini, sebab dampaknya akan mampu mengurangi jumlah pengangguran secara signifikan," tambahnya.

Ia bahkan mengajak seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Disnakertrans 17 Kabupaten/Kota yang hadir sebagai peserta rakor dalam kegiatan tersebut untuk mencoba melakukan koordinasi dengan pihak dewan masing-masing kabupaten terkait program kerjanya.

Hal itu, lanjut dia, menjadi penting karena dewan memiliki fungsi anggaran. Artinya, jika dewan sepakat lebih awal pada program kerja OPD dalam peningkatan SDM melalui pelatihan kerja, tentu ketika pembahasan anggaran progam tersebut mudah diloloskan karena ada back up.

"Kami saja di DPRD Provinsi, sudah meminta lebih awal program kerja Disnakertrans Sultra, agar bisa disesuaikan dengan program kerja BLK Kendari untuk menciptakan SDM yang terampil dan kompeten," bebernya.

Baca juga: PT Selebes Pasific Mineral Diduga Menambang di Kawasan Hutan Lindung

Bahkan pihaknya, tambah dia, mendukung BLK Kendari dalam perluasan area kantor sehingga mampu menyiapkan workshop untuk program-program pelatihan baru sesuai kebutuhan masyarakat Sultra. Diantaranya, program pelatihan yang berhubungan dengan pertambangan, perikanan dan pertanian.

"Sayang, untuk masalah ini, kami di dewan masih menunggu surat disposisi dari Gubernur Sultra," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, La Ode Mustari mengungkapkan, dimana pihaknya sangat mendukung kerja-kerja BLK Kendari terutama dalam kaitannya meningkatkan SDM masyarakat Sultra.

Pasalnya, banyak potensi daerah dari hasil kekayaan alam di Sultra yang perlu dimanfaatkan dengan baik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita saling bergandengan tangan untuk menciptakan SDM yang semakin baik, tentu salah satunya melalui program-program BLK Kendari," tutupnya.

Untuk diketahui, dalam agenda pembukaan rakor BLK Kendari terkait sinkronisasi program kerja sesuai kebutuhan SDM di dunia usaha dan industri yang dibuka Gubernur Sultra diwakili Asisten Administrasi Umum Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, La Ode Mustari, turut hadir Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Saleh dan Kepala Disnakertrans Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy.

Kegiatan rakor itu sendiri akan berlangsung sejak 17-19 Desember 2020 bertempat di Plaza Inn Hotel Kendari. Dengan pemateri kegiatan untuk menguatkan program-program kerja pelatihan, yaitu dari pihak Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), Kepala Bappeda Sultra, Kepala Disnakertrans Sultra, dan Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu itu sendiri. (A)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga