Belum Resmi jadi Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Dinilai Layak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 21 September 2023
0 dilihat
Belum Resmi jadi Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Dinilai Layak
Meski belum ada SK resmi, namun Hamrin Ramba dinilai layak menjadi Pj Bupati Konawe. Foto: Ist.

" Kepala Kesbangpol Sulawesi Tenggara, Harmin Ramba, dikabarkan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Konawe. Bahkan beberapa orang sudah membuat story dengan ucapan selamat, mulai dari grup WhatsApp hingga platform media sosial "

KONAWE, TELISIK.ID - Kepala Kesbangpol Sulawesi Tenggara, Harmin Ramba, dikabarkan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Konawe. Bahkan beberapa orang sudah membuat story dengan ucapan selamat, mulai dari grup WhatsApp hingga platform media sosial.

Dukungan datang dari berbagai arah, salah satu suara yang mengemuka adalah dari Sekretaris Jenderal Visioner Indonesia, Akril Abdillah. Menurut Akril, Harmin Ramba adalah pilihan yang tepat untuk menjabat sebagai Pj Bupati Konawe menggantikan Kerry Saiful Konggoasa, yang masa jabatannya akan berakhir pada 23 September 2023.

“Saya mengenal Pak Hamrin Ramba, beliau layak dan mampu jika diberikan amanah menjadi Pj Bupati Konawe,” beber Akril, di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Lebih lanjut, Akril mengatakan, Harmin Ramba telah teruji menduduki beberapa jabatan strategis di Wilayah Sulawesi Tenggara, yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemprov Sulawesi Tenggara, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna.

Baca Juga: Kurangi Kemiskinan, Pemda Muna Barat Bersama Bulog Salur Beras

“Harmin Ramba sosok yang tepat menggantikan Kery Saiful Kongoasa di Konawe. Karena telah teruji di bidang birokrasi, Hamrin Ramba juga teruji dalam bidang olahraga yakin pernah memimpin Perkemi Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

Akril mengatakan, kemampuan Harmin Ramba tidak bisa diragukan, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam komunikasi dengan para pihak. Akril meyakini, Harmin Ramba paham bagaimana melanjutkan program yang baik untuk rakyat.

“Pak Harmin pasti paham bagaimana melanjutkan program yang baik untuk rakyat Konawe,” ujarnya.

Ia juga meminta meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian untuk memberikan kepercayaan kepada Harmin Ramba untuk menjadi Pj Bupati Konawe.

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi menyebut, untuk informasi pasti terkait Pj Bupati Konawe, dirinya belum bisa membenarkan kabar yang beredar tersebut.

"Sampai detik ini SK (Surat Keputusan) saya belum pegang dan belum bisa membenarkan kabar yang beredar," bebernya, Kamis (21/8/2023).

Ia menyebut, jika nanti pihaknya sudah memegang SK itu akan segera diumumkan oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Karena itu kewenangan pimpinan," tambahnya.

Ia menambahkan, untuk alur penerimaan SK, pihaknya akan menerima surat panggilan dari Kemendagri untuk mengambil SK Pj, namun hingga saat ini, belum menerima juga surat panggilan tersebut.

Ia menyebut untuk SK Pj Bupati Konawe akan diumumkan bersamaan dengan Pj Wali Kota Baubau, karena itu satu paket Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin, yakin Penjabat (Pj) Bupati Konawe berasal dari rekomendasi DPRD.

Hal ini diungkap Ardin, Rabu (20/9/2023). Ia mengatakan, ada sejumlah alasan kuat yang menjadi keyakinan ini. Pertama, mayoritas di Indonesia Pj bupati di setiap daerah diisi dari nama yang direkomendasikan DPRD.

Baca Juga: Mayat Lelaki Ditemukan Mengapung di Pantai Maleura Muna

"Pertimbangan besar itu selama ini hampir 90 persen yang menjadi Penjabat bupati berdasarkan rekomendasi DPRD," ungkap Ardin.

Ardin menuturkan, DPRD lebih memahami konstalasi politik pemerintah di daerah sebagai representasi perwakilan rakyat, oleh karena itu ia yakin akan terjadi juga di Konawe.

Alasan lainnya, lanjut Ardin, Pemerintah Pusat akan melihat rasionalitas. Menurut dia, jika keluar dari rasionalitas maka perlu dilakukan peninjauan ulang.

"Saya curiga, jangan sampai ada permainan politik tingkat tinggi di sini untuk menentukan Pj Bupati Konawe itu ada permainan broker oleh karena itu kita hindari," pungkasnya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga