Benarkah Berhubungan Seks saat Mengandung Bisa Sebabkan Hamil Ganda?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Benarkah Berhubungan Seks saat Mengandung Bisa Sebabkan Hamil Ganda?
Berhubungan seks saat hamil tentu tak bisa menyebabkan kehamilan kedua, hal ini karena masa ovulasi wanita terhenti saat hamil. Foto: Alodokter.com

" Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, jika berhubungan seks bisa mempertemukan sel telur dan sperma yang kemudian menyebabkan kehamilan. Lantas bagaimana dengan berhubungan seks saat hamil? "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, jika berhubungan seks bisa mempertemukan sel telur dan sperma yang kemudian menyebabkan kehamilan. Lantas bagaimana dengan berhubungan seks saat hamil?

Apakah bercinta saat sedang mengandung bisa menyebabkan kehamilan susulan?

Dilansir dari Kompas.com, hampir tidak mungkin hubungan seks selama kehamilan bisa menyebabkan kehamilan ganda atau terjadi pembuahan susulan.

Dalam dunia medis, kehamilan yang terjadi setelah kehamilan lain berlangsung dikenal dengan istilah superfetasi. Superfetasi hampir tidak mungkin terjadi pada manusia. Sebab, seorang wanita harus berovulasi untuk hamil.

Baca Juga: 6 Model Rambut yang Cocok Bagi Wanita Beruban

Proses ovulasi pada dasarnya terhenti selama kehamilan karena pelepasan hormon tertentu. Jika seorang wanita hamil berovulasi, sperma harus sampai ke sel telur untuk terjadi pembuahan.

Namun berkat sumbat lendir, sperma terhalang untuk mencapai sel telur di awal kehamilan. Untuk terbentuknya janin, sel telur yang telah dibuahi harus berhasil ditanamkan di dalam rahim.

Selain itu dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, saat proses pembuahan, sel telur akan menanamkannya di dalam rahim. Hal ini membutuhkan keseimbangan hormon. Namun, saat hamil biasanya sulit untuk ditemukan.

Oleh sebab itu, kemungkinan bisa mengandung lagi saat hamil sangat mustahil terjadi.

Apakah sperma aman untuk kandungan?

Sperma sendiri pada dasarnya sangat aman untuk ibu hamil dan bayi. Malah, ketika sperma keluar di dalam Miss V, hal ini dapat memberikan dampak baik bagi kehamilan. Sperma yang keluar di dalam Miss V saat hamil, justru dapat menginduksi persalinan.

Hal ini karena oksitosin akan mendorong kemajuan persalinan sehingga memudahkan bayi keluar saat persalinan. Selain itu, sperma juga bisa membuat suasana hati serta saluran darah menjadi baik bagi ibu hamil.

Baca Juga: Penggunaan Pensil Alis dan Browcara Penunjang Makeup Wanita

Oleh sebab itu, ketika pria ejakulasi di dalam Miss V, sperma yang masuk tidak akan memengaruhi masa kehamilan. Namun, para suami juga harus waspada dengan infeksi menular seksual.

Jangan sampai kondisi tersebut menularkan pada istri dan mengganggu kehamilan. Di sisi lain, sperma yang masuk ke dalam Miss V nantinya akan keluar lagi dari lubang vagina. Hal ini karena plasenta, kantung ketuban, dan sumbatan lendir akan menutupi leher rahim.

Sperma akan berada di dalam Miss V sementara dan akan keluar melalui lubang Miss V dengan sendirinya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga