Tanda Bayi Bahagia Berdasarkan Usianya, Mulai Newborn Hingga Usia 18 Bulan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 21 Agustus 2022
0 dilihat
Tanda Bayi Bahagia Berdasarkan Usianya, Mulai Newborn Hingga Usia 18 Bulan
Kebahagiaan bayi pada tiap usia berbeda-beda, mulai dari menangis, meringkuk saat digendong hingga tertawa. Foto: Repro goriau.com

" Menangkap ciri-ciri atau tanda-tanda kebahagiaan bayi bisa saja terasa membingungkan khususnya bagi orang tua baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiap orang tua pasti ingin bayinya senantiasa merasa bahagia. Namun faktanya, menangkap ciri-ciri atau tanda-tanda kebahagiaan bayi bisa saja terasa membingungkan khususnya bagi orang tua baru.

Sebagai orang tua tentu penasaran seperti apa tanda bayi bahagia. Hal ini bisa dimaklumi, sebab bayi memang belum bisa berbicara. Berikut ini beberapa tanda bayi bahagia menurut rentang usianya sebagaimana dikutip dari Parapuan.co.id dan ibupedia.com, antara lain:

1. Newborn

Newborn atau bayi yang baru lahir lebih mudah merasakan perbedaan sekitarnya. Ia bahkan memiliki pendengaran yang sangat peka. Tak heran jika saat pertama kali pulang ke rumah, newborn suka rewel dan menangis.

Akan tetapi, coba perhatikan tingkah si kecil saat mendengar suara Ibu atau mencium aroma tubuh Ibu di dekatnya. Dalam hitungan detik si kecil bisa merasa nyaman dan damai. Inilah tanda bayi bahagia ketika ia baru saja lahir.

2. Usia 0-3 Bulan

Tanda-tanda bayi bahagia diusia ini adalah saat ia sudah mampu menyesuaikan tubuhnya dengan lengan ibu ketika menggendongnya. Bayi tidak lagi perlu melengkungkan punggungnya lantaran ia sudah merasa sangat nyaman.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Pria Naksir Sama Kamu

Di saat seperti ini, bayi akan merasa senang sewaktu ibu menanggapi tangisannya, menyusuinya, menggantikan popoknya, dan menidurkannya.

2. Usia 1-3 Bulan

Pernahkah Ayah dan Ibu merasakan gerakan tubuh bayi yang meringkuk saat digendong? Ternyata ini merupakan tanda bayi bahagia. Meski belum bisa berbicara, si kecil akan menunjukkan gestur tubuh yang nyaman sebagai isyarat bahwa ia sedang bahagia. 

3. Usia 3-6 Bulan

Bayi akan tertawa mendengar suara lucu, saat disentuh atau digelitik, dan diajak berbincang maupun bercanda. Tak jarang, permainan sederhana seperti cilukba pun dapat membuat bayi tertawa, yang juga menandakan kalau ia bahagia.

4. Usia 4-7 Bulan

Tanda bayi bahagia, salah satunya adalah ketika ia sudah banyak berceloteh dan bermain dengan suaranya sendiri.

Bayi mengoceh lebih sering ketika hatinya senang. Beberapa juga akan mengoceh dengan nada semakin tinggi saat tertarik pada sesuatu.

Jangan dianggap remeh, ocehan si kecil perlu mendapat respon dari orang tua maupun orang-orang dewasa di sekitarnya. Tujuannya agar si kecil tidak ragu menunjukkan perasaannya karena mendapat validasi dari orang tuanya.

5. Usia 8-11 Bulan

Di usia ini, tanda bayi bahagia terlihat ketika di kecil sering mengajak ngobrol orang-orang di sekitarnya. Meski dengan gaya bahasa yang belum cukup jelas, si kecil akan terus memberikan obrolan untuk Ayah dan Ibu.

Baca Juga: 7 Kisah Sukses Pengusaha Tanah Air, Wajib Ditiru

Tentu saja, ini bukan sembarang ngobrol. Si kecil bisa menunjukkan kepercayaan diri yang baik sehingga tidak takut untuk mengajak ngobrol.

6. Usia 12-18 Bulan

Dikutip dari kumparan.com, sekitar usia 1 tahun, bayi mulai memiliki selera humor. Ia bahkan akan berupaya untuk membuat anda tertawa. Misalnya dengan mengambil benda yang tengah anda pegang atau meletakkan popok di kepala mereka dengan ekspresi konyol.

"Penelitian tentang pengembangan humor pada anak-anak menunjukkan bahwa melakukan hal-hal konyol dengan benda, pada umumnya, merupakan sumber kegembiraan di usia ini," Acredolo menjelaskan. Artinya semakin si kecil suka bercanda, semakin ia bahagia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga