Wisata Bukit Punggung Kuda di Bombana Tercemar Hajat Pengunjung

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Wisata Bukit Punggung Kuda di Bombana Tercemar Hajat Pengunjung
Keindahan Wisata Bukit Punggung Kuda, menjadi magnet bagi para wisatawan, sayangnya banyak pengunjung buang hajat sembarangan. Foto: Sindonews.com

" Wisata bukit punggung kuda yang terletak di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana mulai tercemar akibat pengunjung yang membuang hajat sembarangan, hal itu karena belum tersedianya WC umum "

BOMBANA, TELISIK.ID - Wisata bukit punggung kuda yang terletak di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana mulai tercemar akibat pengunjung yang membuang hajat sembarangan, hal itu karena belum tersedianya WC umum.

Wisata punggung kuda merupakan salah satu tempat yang kerap dikunjungi wisatawan karena keindahanya. Dengan pemandanganya yang begitu indah, sehingga mengundang para wisatawan bahkan dari luar daerah turut berkunjung.

Di samping keindahan dan belum tersedianya WC umum yang sangat diperlukan, adalah salah satu masalah bagi wisatawan yang kerap kali berkunjung.

Baca Juga: Ibu PPK di Bombana Produksi Deterjen Cair Berbahan Dasar Alami

Baca Juga: Hasil Produk Lokal Seluruh Desa Dijajakan di HUT Kabupaten Bombana ke-19

Ramainya pengujung dan tidak tersedianya WC umum mengakibatkan tercemarnya lingkungan di sekitaran wisata tersebut.

“Karena tidak mempunyai WC umum, membuat para wisatawan yang menginap di lokasi wisata tersebut tidak tau harus membuang hajat mereka ke mana,” ujar seorang pengunjung, Hamdan (23), Senin (17/1/2023).

Selain itu para wisatawan yang berkunjung juga sering kali membuang sampah sembarangan, yang mengakibatkan rusaknya pemandangan di lokasi wisata itu.

“Wisatawan membuang sampah sembarangan karena tidak tersedianya tempat penampungan sampah, tidak ada yang mengontrol terkait itu,” ucap pengunjung lainnya, Indra (22). (B)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga