Berani Tampil, Perempuan Milenial Ini Arahkan Langkahnya ke Gedung DPR RI

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 03 Januari 2024
0 dilihat
Berani Tampil, Perempuan Milenial Ini Arahkan Langkahnya ke Gedung DPR RI
Usia yang masih tergolong muda tak menghalangi Nanda Gabriela (kanan) untuk berpartisipasi pada pemilu 2024 sebagai caleg DPR RI dapil Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Meski usianya masih 23 tahun, dengan segudang pengalaman dan prestasi yang dimiliki, Nanda Gabriela, perempuan milenial kelahiran Sungguminasa 20 Maret 2000 ini berani tampil pada Pemilu 2024 sebagai Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Meski usianya masih 23 tahun, dengan segudang pengalaman dan prestasi yang dimiliki, Nanda Gabriela, perempuan milenial kelahiran Sungguminasa 20 Maret 2000 ini berani tampil pada Pemilu 2024 sebagai Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara.

Nanda merupakan lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo dengan predikat cumlaude. Semasa kuliah ia aktif di kegiatan internal maupun eksternal kampus. Tak hanya itu, ia juga merupakan pengusaha muda yang telah merintis usahanya sejak di bangku kuliah.

Dengan semangat yang membara untuk mengatasi tantangan zaman modern, ia sebagai seorang politisi muda dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini telah menjadi wajah baru yang dalam dunia politik Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Nyontek Resep dari YouTube, Pria Ini Sukses Jualan Cireng di Kendari

Melansir dari Republika, berdasarkan hasil rekapitulasi DPT, mayoritas pemilih Pemilu 2024 didominasi dari kelompok generasi z dan Milenial.

Keberanian dan kejernihannya telah berhasil membangun citra positif di kalangan pemilih dengan pendekatan yang berfokus pada pemecahan masalah dan inovasi. Ia telah terbiasa dengan kegiatan sosial yang terun langsung ke masyarakat sejak masih SMA.

Pengalaman organisasi :

- Anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi  Universitas Halu Oleo(2018-2019)

- Forum Genre Indonesia Sultra (2018-2021)

- Fasilitator Forum Anak Tingkat Kota Kendari, Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara dan Tingkat Nasional  (2021-2022)

- Anggota Puspaga Kota Kendari (2022)

Selain itu, ia juga memiliki segudang prestasi, diantaranya :

- 2018  Top 10 Duta Genre Sulawesi Tenggara

- 2019 Perwakilan Sulawesi Tenggara Forum Anak Nasional di Kota Makassar

- 2019 Perwakilan Sulawesi Tenggara di Ajang Kreativitas Generasi Berencana di Jakarta

- 2021 Motivator Remaja Sultra di Kota Kendari

- 2021 Fasilitator Forum Anak Nasional

- 2021 Predikat Child Heroin

- 2022 Master Of Ceremony Terbaik di Tingkat Remaja Sulawesi Tenggara

- 2022 Daffa Award Forum Anak Nasional

Tidak hanya aktif di level lokal, Nanda juga menjadi pelopor dalam penggunaan teknologi untuk mendekatkan diri dengan pemilihnya.

Melalui media sosial dan platform digital, ia secara aktif berkomunikasi dengan konstituennya, memberikan informasi, dan merespons pertanyaan serta masukan dari masyarakat dikalangan orang tua maupun anak anak.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kendari Bakal Tertibkan Kawasan Trotoar yang Sering Digunakan Berjualan

Terjun blusukan ke jalanan secara langsung sudah menjadi rutinitasnya selama aktif di dunia forum anak untuk melihat secara langsung permasalahan sosial yang dihadapai anak anak. Tak jarang ia menjadi motivator di lapas anak untuk memberi semangat dan motivasi agar generasi muda tidak terjebak pada kenakalan remaja.

‘’Bertemu face to face dengan masyarakat yang ada di jalanan, pesisir bahkan pelosok itu saya tidak hanya lakukan saat masa kampanye tetapi sejak aktif di kegiatan sosial itu sudah menjadi rutinitas saya,’’ jelas Nanda kepada Telisik.

Selain itu, ia juga mengatakan, perjalanan politiknya masih terbilang seumur jagung. Ia tergabung sebagai anggota Partai Keadilan Sosial. namun itu bukan menjadi penghalang baginya untuk ragu maju berpartisipasi pada Pemilu Tahun 2024. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga