Berkunjung ke Media Telisik.id, Ketua KPU Beri Pengetahuan Kepemiluan

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
0 dilihat
Berkunjung ke Media Telisik.id, Ketua KPU Beri Pengetahuan Kepemiluan
Direktur Telisik.id , M. Nasir Idris (kiri) memberikan piagam penghargaan kepada Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh (kanan) sebagai ucapan tanda terima kasih atas kunjungan yang telah dilakukan ke kantor Telisik.id, Kamis (21/7/2022). Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Jajaran tim Media Telisik.id pada hari Kamis (21/7/2022) menerima kunjungan Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, yang disambut baik oleh Direktur Telisik.id, M. Nasir Idris dan seluruh jajaran redaksi Telisik.id "

KENDARI, TELISIK.ID - Jajaran tim Media Telisik.id pada hari Kamis (21/7/2022) menerima kunjungan Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, yang disambut baik oleh Direktur Telisik.id, M. Nasir Idris dan seluruh jajaran redaksi Telisik.id.

Kunjungan ketua KPU Kota Kendari tersebut, sebagai ajang silahturahmi yang dilakukan, antara KPU dan juga awak media. Ketua KPU menyebut, madia Telisik.id menjadi madia pertama yang ia kunjungi.

Bukan sekedar silahturahmi biasa, tetapi juga bagaimana bisa saling merangkul dan bersinergi, antara media dan juga KPU. Karena menurutnya, KPU dan media harus bisa saling beriringan dan tidak bisa terpisahkan.

Karena media menjadi sebuah platform, untuk bisa menyampaikan informasi, memberikan pendidikan politik, dan lain sebagainya. Sehingga antara KPU dan media memang harus bisa saling merangkul.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, Direktur Telisik.id , M. Nasir Idris dan jajaran redaksi Telisik.id saat melakukan foto bersama sesuai melakukan diskusi mengenai mekanisme kepemiluan. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

 

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, untuk bagaimana menyampaikan berbagai informasi mengenai pemilu dan lainnya, tanpa adanya media. Sehingga sudah menjadi hal penting, bagi KPU untuk menjalin kebersamaan dengan media, salah satunya dengan Telisik.id," ungkapnya saat berkunjung ke kantor Telisik.id, Kamis (21/7/2022).

Bukan hanya itu, wartawan senior Sulawesi Tenggara tersebut juga memberikan ilmu kepada jajaran redaksi Telisik.id mengenai mekanisme dan struktur kepemiluan tahun 2024, yang dimana sekarang sudah memasuki tahap pemilu.

Ketua KPU Jumwal Saleh saat memberikan materi pemilu kepada jajaran redaksi Telisik.id. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

 

"Jadi bukan hanya sekedar silahturahmi, tetapi saya juga memberikan sebuah pengetahuan bagaimana cara meliput pemilu. Karena ini menjadi sebuah hal penting yang wajib diketahui oleh media, sebagai pemberi informasi, harus tahu bagaimana sistem dan mekanisme peliputan pemilu," jelasnya.

Lanjut dia, dalam penjelasan mengenai peliputan kepemiluan, ia menekankan bahwa wartawan harus bisa paham alur dan mekanisme pemilu itu seperti apa.

Baca Juga: Jemaah Haji asal Sulawesi Tenggara Pulang ke Tanah Air 4 Agustus, Dibagi Tiga Kloter

"Intinya adalah harus paham dan kuasai berbagai tahapan pemilu yang bakal dilakukan, apa-apa saja tahapannya, dan pahami sistem dari setiap tahap pemilu. Karena di setiap tahapan, itu berbeda aturan dan mekanismenya. Untuk sekarang, tahap yang sementara berjalan adalah pembahasan program dan anggaran, tahapan selanjutnya adalah pemutakhiran data pemilih dan penyusunan data pemilih, yang bakal dimulai dari tanggal 14 Oktober 2022 sampai 21 Juni 2023," jelasnya.

Untuk tahapan pemilu di tahun 2024, itu sebanyak sebelas tahapan dan yang sementara berjalan baru satu tahapan. Dan ini yang harus dipahami oleh seluruh media agar dalam memberikan informasi itu bisa lebih akurat dan terpercaya.

Sementara itu, Direktur Media Telisik.id, M. Nasir Idris, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ketua KPU, yang telah menyempatkan hadir ke kantor Telisik.id, untuk memberikan motivasi dan ilmu mengenai pemilu, yang bisa dibilang menjadi sebuah pengalaman berharga bagi tim Telisik.id.

"Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan pak Jumwal Saleh ke kantor Telisik.id, tentu ini menjadi sebuah hal baik dan sangat positif bagi Telisik.id . Terutama jajaran redaksi yang sudah mendapatkan ilmu mengenai kepemiluan, yang dimana sebentar lagi kita akan menghadapi momentum ini. Sehingga memang sangat diperlukan, penguasaan wawasan terhadap pemilu, agar bisa memberikan informasi yang jelas, tepat, dan kredibel terhadap masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Tenaga Honorer Guru dan Kesehatan Bakal Diarahkan ke PPPK

Ketua JMSI Sulawesi Tenggara tersebut berharap, kunjungan ketua KPU Kota Kendari, menjadi sebuah awalan, untuk selanjutnya bisa terus menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik, antara KPU dan juga Telisik.id.

Sebagai bentuk terimakasih, Telisik.id memberikan piagam penghargaan kepada Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh yang telah berkunjung dan memberikan ilmu kepada jajaran redaksi Telisik.id. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga