Besok, 10 Juni Hari Istimewa Bagi Warga Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 09 Juni 2021
0 dilihat
Besok, 10 Juni Hari Istimewa Bagi Warga Buton
Bupati Buton, Drs. La Bakry M.Si, saaf berpidato dalam rangka HUT Pasarwajo sebagai ibu kota Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Tanggal 10 Juni tersebut merupakan hari jadi Pasarwajo sebagai ibu kota Kabupaten Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Tanggal 10 Juni merupakan hari yang sangat istimewa, sekaligus penuh makna bagi segenap masyarakat Kabupaten Buton.

Hal tersebut disampaikan Bupati Buton, Drs. La Bakry MSi. Menurutnya, tanggal 10 Juni tersebut merupakan hari jadi Pasarwajo sebagai ibu kota Kabupaten Buton.

"Sejarah mencatat, bahwa pembentukan Kabupaten Buton sebagai kabupaten di Sulawesi Tenggara dan perpindahan Ibu Kota dari Baubau ke Pasarwajo bukanlah suatu kebetulan," kata Drs. La Bakry, Rabu (9/6/2021).

"Tetapi kedua peristiwa tersebut merupakan jerih payah semua pihak, sehingga sekarang dan selanjutnya akan dirayakan secara bersama yang merupakan napak tilas perjuangan sekaligus mengintrospeksi apa yang telah diperbuat dan apa yang akan diperbuat untuk Buton lebih baik ke depan," sambungnya.

Hari ulang tahun daerah, lanjut Bupati Buton, tidak hanya acara seremonial belaka, namun juga harus mendorong untuk bekerja lebih keras.

"Hari Ulang Tahun tidak hanya sebuah peristiwa istimewa yang dirayakan setiap tahunnya, namun juga untuk membuat semua bersatu menyelesaikan permasalahan- permasalahan di daerah Buton," tuturnya.

La Bakry juga menjelaskan, di periode ke-4 masa kepemimpinannya, komitmen awal sejak pertama kali diberi amanah oleh rakyat adalah mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Buton.

Baca Juga: Raih Nilai 894, Kendari Menuju KLA Predikat Utama

"Saat kami diberi mandat untuk melanjutkan kepemimpinan periode kedua dengan berlandaskan pada komitmen awal sejak pertama kali kami diberi amanah oleh rakyat, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Buton," ungkapnya.

Lebih lanjut, La Bakry juga menuturkan bahwa Buton sebagai kawasan bisnis dan budaya terdepan dirumuskan dalam empat misi.

"Peningkatan kualitas SDM, peningkatan daya saing daerah yang berkelanjutan, pelestarian dan pengembangan nilai dan aset budaya dan reformasi birokrasi adalah empat misi yang telah dirumuskan," jelasnya.

Bupati Buton kemudian mengharap bahwa kebijakan pembangunan yang telah dirumuskan dalam RPJMD tentunya hanya dapat dilaksanakan dengan baik, manakala mendapatkan dukungan pembiayaan pembangunan yang memadai.

"Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk meningkatkan kinerja anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan menggali berbagai potensi sumber pendapatan daerah yang baik pendapatan asli daerah, dana perimbangan maupun pinjaman daerah," katanya.

Selanjutnya, ia juga mengajak agar semua pihak ikut serta dan mendukung program vaksinasi.

Baca Juga: Sudah Vaksin, 17 CJH Asal Mubar Batal Berangkat Tahun Ini

"Pemerintah juga telah mengedepankan kebijakan terkait penanganan penyebaran virus COVID-19 dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, dimasa pandemi seperti sekarang  serta pemerintah memberikan bantuan sosial bagi masyarakat ataupun pelaku usaha yang terdampak pandemi," tambahnya.

"Upaya memperkuat kebijakan fiskal bagi masyarakat serta stabilitas sektor keuangan dimasa penuh ketidakpastian akibat pandemi, serta mari berharap agar musibah pandemi COVID-19 dapat segera berakhir," lanjutnya.

Menutup pernyataannya yang dirangkum dalam pidato di sidang paripurna tersebut yang digelar di Gedung DPRD Buton, Bupati Buton Drs. La Bakry MSi mengucapkan selamat hari ulang tahun Pasarwajo sebagai ibu kota kabupaten Buton.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapan terimakasih dan penghargaan yang sangat tulus dan selamat Hari Ulang Tahun ke XVIII Pasarwajo sebagai Ibu kota Kabupaten Buton," tutupnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga