Besok Jadwal Puasa Tasua, Ini Keutamaannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 Agustus 2022
0 dilihat
Besok Jadwal Puasa Tasua, Ini Keutamaannya
Umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa di Bulan Muharram, khusus puasa Tasua dan Asyura. Foto: Repro iStock

" Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Muharram adalah puasa sunnah, khusunya puasa Tasua dan Asyura "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Muharram adalah puasa sunnah, khusunya puasa Tasua dan Asyura.

Di tahun 2022 ini, seperti dikutip dari Suara.com, 1 Muharram 1444 Hijriyah jatuh pada 31 Juli lalu. Maka Puasa Tasua yang dilaksanakan tiap tanggal 9 Muharram jatuh pada besok hari, Minggu (7/8/2022).

Sementara Puasa Asyura pada 10 Muharram dilaksanakan hari Senin, 8 Agustus 2022.

Dalil Puasa Tasua dan Asyura:

Melansir iNews.id, anjuran Puasa Tasua yang dilaksanakan tiap 9 Muharram disebutkan dalam hadits Nabi SAW.

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad disebutkan bahwa, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mengerjakan puasa Tasua untuk menyelisihi kaum Yahudi.

Baca Juga: Demi Jadi Mualaf, Mantan Host Populer Ini Rela Tinggalkan Kemewahan

Artinya: “Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar).

Dalam riwayat lain dari jalur Abdullah bin Abbas, Rasulullah Saw berpuasa pada hari Asyura dan menganjurkan umat Islam untuk turut berpuasa.

Suatu ketika, mereka berkata, “Ya Rasulullah, ini hari yang dimuliakan oleh orang Yahudi dan Nasrani”. Mendengar jawaban tersebut, Nabi berkata, “Jika aku masih hidup hingga tahun depan, insyaAllah, kita akan berpuasa pada hari kesembilan juga”. Namun, Rasulullah wafat sebelum tahun berikutnya tiba (H.R Muslim 1916).

Dari hadits tersebut memang Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan puasa Tasua, meski Nabi SAW sendiri belum sempat melaksanakan puasa tersebut karena Nabi SAW wafat sebelum datang Muharram tahun berikutnya tiba.

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura:

Keutamaan puasa Tasua dan Asyura yang merupakan salah satu puasa sunnah di Bulan Muharram ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Tasua dan Asyura 2022

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam An Nawawi menyebutkan bahwa, “Hadits ini menunjukkan bahwa Muharram adalah bulan yang paling mulia untuk melaksanakan puasa sunnah.” (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga