BI Sultra Siapkan Rp 2 Triliun Uang Tunai Cukupi Ketersediaan Selama Ramadan

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
BI Sultra Siapkan Rp 2 Triliun Uang Tunai Cukupi Ketersediaan Selama Ramadan
Untuk memenuhi ketersediaan uang tunai selama ramadan dan idul fitri, BI Sultra siapkan Rp 2 triliun uang tunai. Foto: Dok Telisik

" Selama bulan suci ramadan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M mendatang, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mempersiapkan uang tunai sebesar Rp 2 triliun, untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama bulan suci ramadan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M mendatang, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mempersiapkan uang tunai sebesar Rp 2 triliun, untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

Di mana nilai tersebut, merangkak naik sebesar 7,7 persen, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar 1,3 triliun saja.

Deputi Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Aryo Wibowo Prasetyo mengatakan, kebutuhan masyarakat akan uang tunai pada periode ramadan dan idul fitri tahun 2022 diperkirakan sebesar Rp1,4 triliun.

"Rp 1,35 triliun uang pecahan besar atau UPB dan Rp 50 miliar uang pecahan kecil atau UPK," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, besarnya kebutuhan uang tunai tersebut, didasari pertimbangan aktivitas masyarakat yang sudah semakin normal serta indikator transmisi COVID-19.

Layanan penukaran uang rupiah akan dilakukan di 96 titik jaringan perbankan, yakni melalui loket penukaran di kantor cabang/kantor cabang pembantu/unit/kantor kas bank di wilayah Sultra.

"Sedangkan layanan kas BI akan dilakukan dengan skema kas keliling Wholesale dan retail dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Pemkot Kendari Bolehkan Warga Bukber Asal Patuhi Prokes

Lanjut dia, lokasi kas keliling di Kendari diadakan di area depan Mall Mandonga, area depan Mall Kendari City, pasar Anduonohu, depan Mall MGM dan pasar murah yang bertempat di lapangan tugu Eks MTQ.

"Untuk kas keliling luar kota akan dilakukan di Wangiwangi, Raha, Ladongi dan Rumbia," ucapnya.

BI Sultra juga melaksanakan layanan kas prima yaitu layanan kas berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi Pintar.

"Aplikasi ini digunakan untuk penukaran oleh masyarakat dalam melakukan pendaftaran jadwal penukaran, jumlah uang dan pecahan yang akan ditukar serta informasi jadwal layanan kas Bank Indonesia," jelasnya.

Untuk itu, penggunaan aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu dalam memastikan jumlah penukar dan modal kerja yang akan disediakan oleh Bank Indonesia.

"Aplikasi Pintar dapat diakses melalui link https://pintar.bi.go.id," ujarnya.

Baca Juga: Mantan Sekda Perempuan Pertama, Nur Endang Abbas Kini Menjabat sebagai Pejabat Fungsional Widyaiswara Ahli Utama Sultra

Terpisah, salah satu warga, Asrul sangat senang mendengar kabar tersebut, dirinya mengaku, tidak akan mengalami kesulitan lagi saat mau mengambil uang.

"Biasanya kan itu kalau sudah mau hari-hari besar, sudah susah mi kita menarik, karena banyak orang, dan biasa kendalanya itu tidak ada uang di ATM, sehingga harus lagi diisi dan lain sebagainya. Dengan adanya kabar, akan ada kas keliling, pasti sangat senang, karena sudah banyak tempatnya kita mau ambil uang," katanya.

Senada dengan itu, Amat juga mengaku gembira dengan ketersediaan uang yang disediakan oleh BI Sultra, menurutnya itu akan sangat membantu masyarakat.

"Setiap hari raya, itu banyak orang yang melakukan penarikan, secara otomatis pihak bank harus lebih banyak menyediakan uang. Mendengar kabar akan disediakan sebanyak Rp 2 triliun senang, karena pasti itu akan mencukupi keperluan yang dibutuhkan seluruh masyarakat Sultra, sampai hari lebaran nanti," ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga