Bila Didukung Baharuddin, Petahana Makin Kuat

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 30 Agustus 2020
0 dilihat
Bila Didukung Baharuddin, Petahana Makin Kuat
Mantan Bupati Muna, LM Baharuddin. Foto: Ist.

" Bila itu terjadi (kader PDIP) tidak satu suara mendukung, tidak akan mempengaruhi perolehan suara petahana. Jika dipersentasekan, keunggulan petahana dengan merapatnya Baharuddin bersama gerbongnya, akan jauh lebih besar dibandingkan bila Rifai Pedansa membawa simpatisan PDIP ke figur lain. "

MUNA, TELISIK.ID - Mantan Bupati Muna, LM Baharuddin dikabarkan akan mendukung pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta di Pilkada 9 Desember mendatang.

Muhamad Najib Husein, Pengamat Politik Sultra menilai, seandainya Baharuddin benar-benar bergabung, maka otomatis akan lebih menguatkan posisi Rusman sebagai petahana. Dimana, Dokter Baharuddin dikenal sebagai sosok yang punya pengikut loyal, patuh dan militan yang sudah lama dibina pasca kalah melawan Rusman di Pilkada 2015 silam.

"Saya menilai pemilih di Muna karakternya masih masuk dalam kategori pemilih tradisional yang sangat patuh dengan pemimpin mereka. Ibaratnya, jika di daerah Jawa antara kiyai dan santri, seperti itulah kira-kira tipologi, loyalis Baharuddin. Jadi saya pikir, bergabungnya Baharuddin sebagai energi tambahan untuk memperkuat barisan bagi petahana," kata Najib.

Baca juga: Rekrutmen Anggota PPK Bermasalah, Lima Komisioner KPU Nisel Disidang

Untuk bisa menang, akademisi UHO itu mengingatkan petahana untuk melakukan konsolidasi terhadap partai-partai pengusung. Ia melihat, khusus PDIP, sejak awal suara PDIP tidak bulat ke petahana. Makanya, harus diantisipasi cepat. Pasalnya, bila tidak, basis suara loyalis PDIP bisa jadi meninggalkan petahana. Apalagi, pendiri PDIP Sultra, La Ode Rifai Pedansa sudah tidak lagi bersama petahana.

"Bila itu terjadi (kader PDIP) tidak satu suara mendukung, tidak akan mempengaruhi perolehan suara petahana. Jika dipersentasekan, keunggulan petahana dengan merapatnya Baharuddin bersama gerbongnya, akan jauh lebih besar dibandingkan bila Rifai Pedansa membawa simpatisan PDIP ke figur lain," ungkapnya.

Sementara itu, LM Baharuddin sampai saat ini belum memberi keputusan resmi terkait dukungannya di Pilkada. Memang benar, Baharuddin bersama Rusman telah bertemu. Namun, menurut Baharuddin, pertemuan itu hanya silahturahmi biasa.

"Nanti kita lihatlah," singkat mantan Bupati Muna itu.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga