BPJS Kesehatan Kendari Apresiasi RSU Hermina dan RS Bhayangkara atas Inovasi Layanan Digital
Ana Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 17 Desember 2025
0 dilihat
BPJS Kesehatan Kendari memberikan penghargaan kepada RSU Hermina dan RS Bhayangkara atas digitalisasi layanan. Foto: Ana Pratiwi/Telisik.
" BPJS Kesehatan Cabang Kendari memberikan apresiasi kepada RSU Hermina Kendari dan RS Bhayangkara Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - BPJS Kesehatan Cabang Kendari memberikan apresiasi kepada RSU Hermina Kendari dan RS Bhayangkara Kendari, atas keberhasilan keduanya dalam mendukung transformasi digital layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Apresiasi tersebut diberikan kepada mitra fasilitas kesehatan (faskes), khususnya rumah sakit rujukan tingkat lanjutan, yang dinilai menunjukkan komitmen dan kesungguhan dalam mengimplementasikan digitalisasi pelayanan JKN.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Rinaldi Wibisono, menjelaskan bahwa dari total 26 rumah sakit mitra yang dievaluasi sebelum Desember lalu, seluruh direktur rumah sakit menunjukkan perhatian dan dukungan yang baik terhadap program JKN. Namun, di antara rumah sakit tersebut, terdapat beberapa yang memiliki capaian lebih optimal.
“Penilaian dilakukan langsung oleh Direksi BPJS Kesehatan melalui Direktur Teknologi dan Informasi untuk menentukan rumah sakit di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kendari yang paling optimal dalam mendukung transformasi digital dan memberikan manfaat nyata bagi peserta JKN,” ujar Rinaldi, Rabu (17/12/2025).
Berdasarkan hasil penilaian tersebut, terpilih dua rumah sakit terbaik, yakni RSU Hermina Kendari dan RS Bhayangkara Kendari. Kedua rumah sakit ini meraih predikat bintang tiga karena dinilai berhasil mengimplementasikan sistem fingerprint dan face recognition, serta melakukan bridging system dengan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) elektronik.
Baca Juga: BPJS Kesehatan Dorong Transformasi Rumah Sakit di Sulawesi Tenggara
Selain itu, kedua rumah sakit juga dinilai mampu mengembangkan sistem informasi internal yang terintegrasi dengan sistem BPJS Kesehatan. Implementasi layanan digital lainnya seperti antrean online melalui Mobile JKN dan sistem klaim berbasis aplikasi V-Claim turut menjadi indikator penilaian.
Sistem digital tersebut dinilai mampu menyederhanakan proses klaim, mempercepat pelayanan antrean, serta memudahkan proses validasi peserta saat menerima layanan kesehatan. Seluruh upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN.
Direktur RSU Hermina Kendari, dr. Yulita Basir, MARS, mengatakan penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi besar atas perjalanan transformasi layanan dari sistem manual ke sistem digital.
“Transformasi ini dilakukan semata-mata untuk mempermudah pelayanan kepada peserta. Meski dalam perjalanannya terdapat sejumlah kendala, kami terus berupaya melakukan perbaikan demi memberikan kemudahan bagi pasien,” ujarnya.
Baca Juga: BPJS Keliling Permudah Akses Layanan JKN di Konawe Selatan
Sementara itu, Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, AKP Jamaluddin, S.KM., M.M., menyampaikan bahwa digitalisasi dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pasien. Ia mengakui masih terdapat tantangan, khususnya bagi pasien lanjut usia.
“Namun kami telah menyiapkan tim khusus untuk membantu proses layanan digital. Layanan yang diberikan bertujuan memberikan pelayanan maksimal bagi anggota Polri, keluarga, serta masyarakat umum,” kata Jamaluddin.
Penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi kedua rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan ke depan, sekaligus mendorong fasilitas kesehatan lain agar semakin optimal dalam mendukung transformasi digital layanan JKN. (Adv)
Penulis: Ana Pratiwi
Editor: Kardin
* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS