Peringati HGN 2023, Dinas Pendidikan Libatkan 132 Ribu Siswa Bertani Serentak di Sulawesi Tenggara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 04 November 2023
0 dilihat
Peringati HGN 2023, Dinas Pendidikan Libatkan 132 Ribu Siswa Bertani Serentak di Sulawesi Tenggara
Dikbud Sulawesi Tenggara bakal melibatkan 132 ribu siswa untuk menanam cabai, tomat dan bawang merah di halaman sekolah masing-masing. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November 2023 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara bakal melibatkan 132 ribu siswa untuk menanam cabai, tomat dan bawang merah di halaman sekolah masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November 2023 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara bakal melibatkan 132 ribu siswa untuk menanam cabai, tomat dan bawang merah di halaman sekolah masing-masing.

Kegiatan itu akan diikuti secara bersama dengan melibatkan puluhan ribu siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara. Kepala Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin menuturkan, seluruh sekolah lingkup pendidikan segera melakukan penyemaian bibit cabai, tomat dan bawang.

Yusmin menambahkan, jika pelibatan siswa sangat berpengaruh terutama dalam menciptakan siswa yang unggul dan kreatif, sekaligus menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto dalam rangka pengendalian penanganan El Nino dan inflasi daerah di Bumi Anoa.

Baca Juga: Imunisasi Dapat Memutus Rantai Penyebaran Penyakit Menular

Penyemaian bibit dilaksanakan mulai 4 November 2023 yang dilakukan oleh siswa, guru dan staf. Setiap siswa, guru dan staf itu menyemai minimal 10 bibit setiap masing-masing jenis tanaman. Kemudian penanaman bibit dilakukan saat peringatan HGN pada 25 November 2023.

Lahan yang telah disiapkan untuk penyemaian bibit dalam menggelar HGN pada 25 November 2023 mendatang. Foto: Ist.

 

"Kegiatan kita ini juga untuk membantu Sulawesi Tenggara dalam menekan inflasi yang ada," bebernya pada Telisik.id di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Beberapa sekolah telah melakukan persiapan dalam menyambut HGN, seperti diungkapkan Yusmin, ia menyebut salah satu sekolah yang sudah siap adalah SMAN 2 Kusambi, Kabupaten Muna Barat.

Kepala SMAN 2 Kusambi, La Ode Saidin menyebut, lahan seluas 250 meter persegi sudah disiapkan serta sekitar 1.500 bibit cabai, tomat dan bawang yang sudah siap disemaikan.

"Setiap siswa, guru dan staf akan menanam 30 bibit, masing 10 bibit cabai, tomat dan bawang," tuturnya.

Dikbud Sulawesi Tenggara sukses menggelar penanaman seretak pada 6 Juni 2023 lalu, dengan komoditi serupa, yang dilakukan siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara secara serentak di 17 kabupaten/kota hingga memecahkan rekor MURI. Foto: Ist.

 

Senada, SMKN 2 Kendari juga sudah menyiapkan seluas 11.040 meter persegi dengan menyiapkan total bibit cabai, tomat dan bawang sebanyak 40.530 bibit.

Kepala SMKN 2 Kendari, Ahmad Mustapa mengatakan, selain lahan bedengan pihaknya juga menyiapkan 8.106 polybag untuk penyemaian bibit.

Baca Juga: Harga Beras di Kota Kendari Diprediksi Normal Sebelum Akhir Tahun

Sebelumnya, program ini sudah sukses dilakukan pada 6 Juni 2023 lalu, dengan komoditi serupa yang dilakukan siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara secara serentak di 17 kabupaten/kota hingga memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Bahkan kegiatan ini juga mendapat apreasiasi dari Gubernur Sulawesi Tenggara saat itu, Ali Mazi. Aksi penanaman serentak tanaman hortikultura juga diikuti pimpinan OPD se- Sulawesi Tenggara, Forkopimda dan Forkopimda Konawe berlangsung pada pukul 17.30 Wita dalam kurun waktu 20 menit. (A-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga