Refocusing Anggaran Tak Pengaruhi Dana Santunan Veteran di Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 18 Agustus 2020
0 dilihat
Refocusing Anggaran Tak Pengaruhi Dana Santunan Veteran di Kolut
Bupati Kolaka Utara, Drs.H.Nur Rahman Umar, MH saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Lapangan Aspirasi Kota Lasusua. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Melalui momen HUT kemerdekaan RI ke-75 ini, kami tetap memberikan santunan kepada para veteran seperti tahun kemarin. Dan tidak hanya pada momen HUT ini saja, peringatan hari pahlawan mereka juga diberi santunan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Refocusing anggaran di semua instansi lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk upaya percepatan penanganan COVID-19 tidak mempengaruhi dana santunan 14 veteran yang dikelola oleh Dinas Sosial (Dinsos).

Sehingga dalam momen HUT kemerdekaan RI ke-75 kali ini para pejuang kemerdekaan tersebut masih tetap memperoleh santunan dari Pemda Kolaka Utara dengan nominal yang sama dengan tahun kemarin yakni Rp 15 juta perorang.

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH mengungkapkan, adanya refocusing anggaran akibat COVID-19 menyebabkan terjadinya pemangkasan anggaran di hampir semua sektor kecuali anggaran untuk santunan bagi para veteran.

"Melalui momen HUT kemerdekaan RI ke-75 ini, kami tetap memberikan santunan kepada para veteran seperti tahun kemarin. Dan tidak hanya pada momen HUT ini saja, peringatan hari pahlawan mereka juga diberi santunan," kata Bupati, Senin (17/8/2020).

Baca juga: 12 Calon Peserta SKB CPNSD di Muna Bermasalah

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kolaka Utara, H. Saenal Ahmad, SE pemberian santunan bagi para veteran merupakan bentuk apresiasi atau penghargaan Pemda Kolaka Utara atas jasa-jasa mereka yang telah berjuang jiwa raga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Santunan tersebut bersumber dari APBD tahun 2020 dengan total anggaran Rp 210 juta. Setiap veteran mendapat santunan Rp 15 juta yakni Rp 10 juta diberikan di momen HUT kemerdekaan RI sementara Rp 5 juta diberikan pada momen peringatan hari pahlawan," terang Saenal Ahmad.

Akibat pandemi COVID-19, lanjutnya, penyaluran santunan dilakukan secara bertahap. Pasca upacara Pemda Kolaka Utara hanya menyerahkan secara simbolik kepada 3 orang veteran selebihnya akan disalurkan secara terpisah. 

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga