adplus-dvertising

Bu Tejo di Film Tilik Jadi Trending Topic Indonesia

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Jumat, 21 Agustus 2020
1747 dilihat
Bu Tejo di Film Tilik Jadi Trending Topic Indonesia
Sosok Bu Tejo (kanan). Foto: Ist.

" Di benak saya, menjadi viral adalah seseorang yang bermasalah sehingga banyak netizen yang menghujat. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Saat ini nama Bu Tejo terus dipergunjingkan warganet. Di media sosial Twitter viral nama Bu Tejo. Bahkan, di Trending Topic Indonesia, namanya juga masih bertahan hingga hari ini.

Warganet merasa, sosok Bu Tejo sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dan sosoknya dalam film Tilik sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam film tersebut, diceritakan beraneka ragam karakter manusia di Indonesia, termasuk karakter Bu Tejo yang memiliki karakter ceplas-ceplos, julik dan cerewet.


Lalu, siapa sih pemeran tokoh di film Tilik yang sukses dan membuat gemas para penonton ini? Sebenarnya, siapa Bu Tejo yang menjadi bahan pergunjingan warganet Tanah Air ini?

Bu Tejo sebenarnya adalah nama tokoh di sebuah film pendek berjudul "Tilik" yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo. Film yang diproduksi oleh Ravacana Films bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Sebenarnya, film ini sudah dirilis pada 2018 lalu. Dan memenangi ajang Piala Maya 2018 di kategori Film Pendek Terpilih.

Film ini dianggap mampu menggambarkan ibu-ibu dari pedesaan Indonesia secara nyata. Mereka menyewa truk untuk membesuk seseorang, tepatnya Bu Lurah, di rumah sakit. Selama perjalanan, ibu-ibu ini bergosip.

Tokoh utama dari film ini adalah Bu Tejo, seorang ibu yang pandai bergosip dan memiliki mulut yang sangat "pedas". Aktingnya sukses membuat banyak orang geregetan sekaligus tertawa geli. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Bu Tejo yang memang sangat mudah ditemui di dunia nyata.

Bu Tejo diperankan oleh aktris bernama Siti Fauziah Saekhoni. Perempuan kelahiran Blitar, 19 Desember 1988 ini akrab dipanggil Ozi. Kecantikannya yang natural membuat sosok Siti Fauziah Saekhoni, isteri Suryo Wiyogo, mencuri perhatian.

Peran Bu Tejo ini sebenarnya akrab di sekitar kita.

Baca juga: Dikira Wik-Wik dalam Mobil, Pria Ini Bikin Kaget Warga

"Kita pasti sering menjumpainya," ucap Siti Fauziah Saekhoni di Galeri Lorong, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (21/8/2020), yang juga berperan di film Bumi Manusia (Falcon Pictures, 2019).

Ternyata, alumni Fisipol Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini bukan aktris kaleng-kaleng. Dia pernah mendapatkan beasiswa Actor Studio oleh Teater Garasi pada 2008 silam. Beberapa film juga pernah dibintanginya seperti Mencari Hilal (2015), Talak 3 (2016), Sultan Agung (2018) dan Unbaedah (2019).

Ibu satu anak ini yang sejak remaja berusia 32 tahun sudah menetap di Yogyakarta, mengaku senang dengan apresiasi yang diberikan warganet kepadanya.

"Saya nggak tahu kalau viral di Twitter. Ya dikasih tahu suami saat asah-asah piring, urus rumah. Dan saya hanya bilang terus ngopo?" ungkapnya.

Ia kaget saat muncul meme di IG dan banyak sekali yang DM (Direct Message). Dirinya sempat takut ketika  menjadi viral di Twitter.

"Di benak saya, menjadi viral adalah seseorang yang bermasalah sehingga banyak netizen yang menghujat," katanya.

"Sempat pula deg-degan banget. Takut sebenarnya kalau jadi sorotan. Salah apa sampai jadi segini antusiasnya," ujarnya heran dan tak terbayang selama ini.

Di akun Instagramnya @Ozie_zie, warganet membanjiri unggahannya dengan komentar yang menunjukkan betapa gemasnya mereka dengan tokoh Bu Tejo.

Bu Tejo memiliki karakter penggunjing dan nyinyir yang begitu pandai menilai seseorang. Digambarkan sebagai tetangga yang gemar membicarakan warga lainnya.

Kalimatnya yang pedas saat mengomentari hidup orang lain, banyak disorot warganet. Meme dialog Bu Tejo pun mendadak bikin heboh netizen. Kalimat yang diucapkan sang aktris pun nge-hits. Bahkan, kini meme penggalan dialog dari film Tilik yang diucapkan Siti Fauziah Saekoni tersebar di medsos: "Dadi wong ki mbok yo sing solutip (jadi orang itu yang solutif)".

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga