Buka Lima Prodi Baru, UM Kendari Siapkan Beasiswa hingga Rp 5 Miliar

Ayu Safitri, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
Buka Lima Prodi Baru, UM Kendari Siapkan Beasiswa hingga Rp 5 Miliar
Rektor UM Kendari bersama Kepala LL Dikti saat launching PMB 2024. Foto: Ayu Safitri/Telisik

" Meningkatnya antusias calon mahasiswa baru, mendorong Universitas Muhamadiyah (UM) Kendari membuka lima program studi (Prodi) baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Meningkatnya antusias calon mahasiswa baru, mendorong Universitas Muhamadiyah (UM) Kendari membuka lima program studi (Prodi) baru.

Rektor UM Kendari, Muhammad Nurdin mengatakan, jika target pendaftar mahasiswa baru di tahun sebelumnya adalah 1.500, kini pihaknya menargetkan jumlah pendaftar mahasiswa baru berjumlah 2.500 orang.

Selain itu, ia menambahkan, UM Kendari juga membuka Prodi baru dimana sudah ada enam SK yang sudah dipegang  ditambah dengan satu SK di PAI yang berbeda kementrian, dan ada beberapa final revisi yang sudah disubmit, dimana ada 11 Prodi yang direkomendasikan langsung oleh LL Dikti.

Beberapa prodi yang sudah ada SKnya adalah Prodi S2 Ilmu Pemerintahan, Prodi S2 Bahasa Inggris, Tekhnologi Industri Pertanian, Tekhnik Kimia, Design Komunikasi Visual (DKV), Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Agama Islam dan Prodi Psikologi Islam. Untuk Psikologi Islam sudah memenuhi syarat pada tanggal 16 Januari 2024.

"Untuk jalur PMB, ada banyak jalur yang bisa dipilih. Dengan kita launching hari ini, di website juga sudah terbuka. Dibagi per gelombang, jadi klau sudah cukup gelombang pertama dengan terpaksa tidak buka lagi, nanti tunggu gelombang ke dua lagi, " ujarnya saat diwawancara awak media, Senin (29/1/2024).

Baca Juga: Pemimpin Sederhana, Muhammadiyah jadi Organisasi Islam Terkaya di Dunia hingga Rp 400 Triliun

Selain sebagai institusi yang memiliki kualitas Baik Sekali dan dibukannya prodi baru tersebut, UM Kendari juga memiliki banyak beasiswa, diantaranya menyediakan program beasiswa senilai Rp 5 Miliyar untuk S1.

"Banyak beasiswa yang tersedia, terutama karena kami sudah memiliki komitmen dengan beberapa Pemda, alokasi-alokasi dari Lazismu, beasiswa internal, KIP dari negara serta beasiswa dari swasta agar nantinya mahasiswa kami yang datang kuliah dapat menikmati sponsor-sponsor beasiswa tersebut, " ujarnya.

Lebih lanjut, Nurdin mengungkapkan, karena siswa-siswi bukan hanya dididik secara sains dan teknologi tetapi punya pondasi agama yang baik, sehingga diharapkan akan menjadi pemimpin yang baik di 2045 nantinya.

"Dilengkapi dengan kualitas dan fasilitas yang lengkap, dosen Milenial yang mudah diajak untuk berdiskusi serta diharapkan dapat memberikan yang terbaik," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala LL Dikti Wilayah 9 Sultan Batara, Andi Lukman, mengapresiasi UM Kendari terkait Akreditasi Baik Sekali yang menandakan kampus ini jaminan dan mutu serta penghargaan sudah sangat baik.

Baca Juga: Jemput Misi, Muhammadiyah dan Aisyiyah Hadirkan Hugua jadi Pembicara Pra Muswil

Ia berharap, UM Kendari dapat terus berinovasi agar menjadi kampus swasta yang menjadi pilihan utama bagi siswa-siswi di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya bagi masyarakat Kendari.

“Semua itu tidak terlepas dari SDM yang dimiliki oleh UM Kendari, mulai dari dosennya yang sudah bergelar doktor, dimana SDM memiliki nilai yang tinggi dalam sebuah Akreditasi, serta Prodi yang dibuka juga merupakan Prodi unggul yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya Senin (29/1/2024).

Diketahui, daftar online untuk Camaba UM Kendari dapat diakses melalui admisi.umkendari.ac.id. Pendaftaran Gelombang 1: 29 Januari - 20 Mei 2024, Gelombang 2: 21 Mei - 15 Agustus 2024. (B)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga