Ini Info Pendaftaran SNPMB Bagi Siswa SMA yang Ingin Daftar Jalur Seleksi Nasional

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
Ini Info Pendaftaran SNPMB Bagi Siswa SMA yang Ingin Daftar Jalur Seleksi Nasional
Kementerian Pendidikan, Riset, dan tlTeknologi mengulas informasi dan teknis terbaru terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri lewat SNPMB, terkhusus pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto: Repro kemdikbud.go.id

" Sekolah dan siswa harus mendaftarkan akunnya agar bisa mengantisipasi kegagalan mendaftar pada SNPMB 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) secara resmi dibuka oleh Tim Persiapan SNPMB, dalam konferensi pers Selasa (10/1/2023) lalu.

Kegiatan yang dihelat di Ruang Atanaya Hotel Century Park, Jakarta tersebut kembali mengulas informasi dan teknis terbaru terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat SNPMB, terkhusus pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dilansir dari its.ac.id.

Program hasil kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan seluruh PTN melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) ini didukung dengan sistem yang membangun kesatuan data pendidikan di Indonesia.

Sistem tersebut bersumber pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk SMA/SMK dan Education Management Information System (EMIS) untuk Madrasah Aliyah (MA).

Tak hanya itu, portal SNPMB juga dibangun secara Single Sign On (SSO). Mulai registrasi akun SNPMB baik bagi sekolah maupun siswa, dilanjutkan dengan kegiatan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), pendaftaran SNBP, pendaftaran SNBT, hingga pada pendaftaran UTBK-SNBT.

“Kami mengingatkan sekolah dan siswa untuk mendaftarkan akunnya agar bisa mengantisipasi kegagalan mendaftar pada SNPMB 2023,” tegas Ashari di hadapan para awak media.

Dengan adanya perubahan ini ditargetkan akan menjawab kesiapan calon mahasiswa baru untuk berprogres di pendidikan tinggi. Perubahan ini juga berhasil mencatat kenaikan jumlah PTN, sebanyak 137 institusi, yang berkontribusi dengan adanya integrasi data dalam pemilihan jenjang pendidikan tinggi tersebut.

Lebih lanjut, terang Ashari, secara khusus pada pola seleksi SNPMB ini para calon mahasiswa baru berhak memilih dua program studi (prodi) dari dua universitas berbeda ataupun satu universitas yang sama.

Selain itu, calon mahasiswa baru juga berhak untuk melakukan lintas jurusan kuliah, tetapi dengan mempertimbangkan persyaratan nilai mata pelajaran yang akan di bobot 50 persen dan sisanya dikembalikan ke PTN terkait ke linearan komponen nilai.

Baca Juga: MAN IC Kendari Buka Penerimaan Peserta Didik Baru

Nadrah Nazwahni (17) salah satu siswa SMAN 2 Parigi yang akan mengikuti SNPMB mengatakan bahwa dia belum mengetahui cara pendaftaran akun SNPMB karena belum ada sosialisasi dari sekolah dan operator sekolah.

"Saya belum tahu cara daftarnya, karena belum ada sosialisasi dari sekolah, rencana hari ini akan dihadirkan operator sekolah untuk kasi tahu tata caranya," ujar Nadrah Nazwahni ketika dihubungi lewat WhatsApp.

Nah untuk menjawab pertanyaan dari siswa SMA yang belum mengetahui cara pendaftaran akun SNPMB, maka tim Telisik.id mencoba merangkumnya.

Dilansir dari akun Instagram infotembusptn, begini cara daftar akun SNPMB bagi siswa yang belum mengetahui cara daftarnya:

1. Jika Anda belum mempunyai akun SNPMB, maka buatlah akun portal SNPMB. Kemudian cek  email verifikasi dan klik aktivasi akun.

2. Namun jika Anda sudah memiliki akun, maka login dengan menggunakan akun yang telah dibuat di portal SNPMB.

3. Pilih menu verivikasi dan validasi.

4. Klik tombol perbarui data.

5. Kemudian sistem memvalidasi data.

6. Jika data tidak valid maka lapor ke sekolah. Kemudian melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PUSDATIN/PENDIS.

7. Kemudian ulang poin nomor 2. Nah jika data sudah valid.

8. Isi biodata yang diminta.

9. Unggah dan atur pasfoto terbaru (3 bulan terakhir).

10. Lakukan simpan permanen.

11. Unduh bukti permanen dan selesai.

Tidak hanya akun bagi siswa, namun sekolah juga harus mempunyai akun untuk SNMPB. Di bawah ini cara daftar akun SNMPB untuk sekolah:

1. Jika belum mempunyai akun maka silakan untuk membuat akun pada portal SNMPB. Kemudian cek email verifikasi dan klik aktivasi akun.

2. Namun jika sekolah sudah memiliki akun, maka login pada akun yang telah dibuat pada portal SNPMB.

Baca Juga: Siswa SMKN 7 Kendari Kembangkan Produk Olahan Hasil Laut

3. Kemudian pilih menu verivikasi dan validasi.

4. Klik tombol perbarui data.

5. Kemudian proses memvalidasi data.

6. Jika data belum valid, lakukanlah koreksi dan laporkan hasilnya ke PUSDATIN/PENDIS.

7. Kemudian ulangi dari poin nomor 2.

8. Jika data sudah valid maka prosesnya sudah selesai.

Itulah langkah-langkah pendaftaran akun SNMPB bagi siswa. Semoga bermanfaat. (B)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga