Mahasiswa Poltekkes Asal Mubar Raih Juara di Ajang Mawapres 2020

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 19 November 2020
0 dilihat
Mahasiswa Poltekkes Asal Mubar Raih Juara di Ajang Mawapres 2020
Muhammad Aksen Sultra, peraih juara IV ajang Mawapres 2020. Foto: Ist.

" Yang produk inovasi itu, saya buat anti nyamuk lotion dari daun ketepeng cina atau daun sabandara yang tumbuh liar. Orang taunya kan itu hanya untuk obat gatal-gatal, tapi saya jadikan obat anti nyamuk. Itu lolos. "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa asal Kota Kendari kembali meraih prestasi dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tahun 2020 secara nasional.

Ajang nasional tersebut melibatkan sebanyak 38 kampus Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) se-Indonesia secara kualifikasi dan hanya 10 kampus finalis yang dinyatakan lolos ke ajang Mawapres 2020 di Jakarta yang digelar pada 18-20 November 2020.

Dari 10 kampus kesehatan itu, salah satunya adalah Poltekkes Kemenkes Kendari yang mengutus mahasiswanya bernama Muhammad Aksen Sultra dan berhasil menyabet Juara IV.

Saat dikonfirmasi, Muhammad Aksen Sultra menuturkan, ajang tersebut memperlombakan tiga jenis cabang, yakni produk inovasi, wawancara karya unggulan dan debat Bahasa Inggris.

"Yang produk inovasi itu, saya buat anti nyamuk lotion dari daun ketepeng cina atau daun sabandara yang tumbuh liar. Orang taunya kan itu hanya untuk obat gatal-gatal, tapi saya jadikan obat anti nyamuk. Itu lolos," paparnya saat dihubungi via seluler, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning Boleh Dilakukan

Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kendari itu menuturkan, panitia Mawapres juga meminta semua prestasi mahasiswa, baik secara akademik maupun non akademik.

"Kalau wawancara karya unggulan itu tentang diri kita. Juga ada menjawab soal-soal Bahasa Inggris semacam lomba debat," beber mahasiswa angkatan 2019 itu.

Mahasiswa asal Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat (Mubar) itu juga merasa bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh yang terlibat termasuk para dosen dan kedua orang tuanya.

"Terima kasih kepada kedua orang tua saya yang sudah mensupport dan mendoakan saya sehingga berada pada titik ini. Juga pada dosen yang sudah membimbing saya dan juga untuk almamater saya," pungkasnya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga