Bukan Hanya Indomaret, Pemda Muna Barat Buka Ruang Bagi Semua Investor

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Bukan Hanya Indomaret, Pemda Muna Barat Buka Ruang Bagi Semua Investor
Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, bukan hanya Indomaret, semua investor dipersilakan berinvestasi di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemerintah daerah Muna Barat tidak hanya membuka ruang bagi Indomaret, melainkan untuk semua investor yang akan berinvestasi di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Polemik terkait gerai Indomaret, terus bergulir. Pemerintah daerah menekankan tidak hanya membuka ruang bagi Indomaret, melainkan untuk semua investor yang akan berinvestasi di Muna Barat.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemerintah daerah saat ini membuka ruang kepada semua investor baik lokal maupun luar daerah yang ingin menanam modal di Muna Barat.

"Kita sudah lakukan uji publik bersama masyarakat untuk melihat animo masyarakat atas rencana pembukaan investasi bisnis waralaba tersebut," ungkap Bahri, Selasa (19/4/2023).

Ia juga telah berkonsultasi dengan Ombudsman untuk menambahkan kriteria kepada Indomaret di luar syarat yang ditetapkan dalam perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission.

Konsultasi ke Ombudsman ini juga untuk menghindari penyalahgunaan pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009.

Baca Juga: Sempat Ditolak, Indomaret Bakal Tampung Produk UMKM Muna Barat

"Karena syarat ini diinginkan oleh masyarakat dan Ombudsman menyetujui, dengan syarat tak mempersulit atau menghambat Indomaret untuk berinvestasi," pungkas Bahri.

Bahri mengatakan, dalam peraturan presiden juga telah memerintahkan agar mempermudah investasi dan tidak menghambat para investor untuk berinvestasi, serta pemerintah daerah telah menetapkan peraturan daerah terkait kemudahan investasi.

Bahri juga menekankan, bukan ia yang memanggil Indomaret ke Muna Barat, melainkan manajemen Indomaret sendiri yang datang mengajukan izin investasi ke Pemda Muna Barat dan akan membuka 10 gerai.

Untuk itu, pihak Indomaret berkomitmen akan mengalokasikan 10 persen pajak dari produk yang laku dijual, tenaga kerja bakal direkrut dari masyarakat Muna Barat, Indomaret juga akan memasarkan produk UMKM di gerainya.

"Kemudian Indomaret juga siapkan lapak bagi masyarakat di area parkir, CSR tiap tahun bagi pemda dan untuk peningkatan kapasitas masyarakat," tutupnya.

Senada, Kepala Dinas PMPTSP Muna Barat, La Ode Hanafi mengatakan, pihaknya tak menutup pintu untuk tiap perusahaan yang akan berinvestasi, dengan merujuk Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga: Sempat Dituntut Ganti NKL Rp 41 Juta, Mediasi Indomaret dan Karyawan Berakhir Damai

Serta Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.

"Ini sesuai dengan misi presiden untuk tidak mempersulit masuknya arus investasi di daerah," ungkapnya.

Hanafi mengatakan, dengan banyaknya investor atau perusahaan modern yang mulai melirik Muna Barat, harapannya perekonomian masyarakat akan semakin meningkat dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang disiapkan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga