Bukan Pagi Hari, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
Bukan Pagi Hari, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi
Waktu yang maksimal untuk minum kopi adalah menunggu 1,5-2 jam setelah bangun tidur. Foto: Kompas.com

" Sesungguhnya, meminum kopi sesaat setelah bangun tidur tidak disarankan untuk banyak orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi merupakan minuman paling disukai di dunia setelah teh. Kopi baiknya diminum di waktu yang tepat. Banyak orang yang meminum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas harian, namun apakah waktu tersebut tepat?

Dilansir dari CNNIndonesia.com, hampir semua orang menyukai kopi. Secangkir kopi di pagi hari bisa mendorong energi untuk memulai aktivitas harian. Manfaat di atas didapat dari efek kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Rasa loyo saat bangun tidur bisa mendadak segar dengan secangkir kopi. Karena teori di atas pula, banyak orang meminum kopi sesaat setelah bangun tidur. Beberapa orang bahkan tak memberikan jeda antara bangun tidur dan menyeruput secangkir kopi.

Namun sesungguhnya, meminum kopi sesaat setelah bangun tidur tidak disarankan untuk banyak orang. Mengutip Healthline, diperkirakan bahwa minum kopi terlalu cepat setelah bangun tidur bisa mengurangi efek energi yang diberikan kafein.

Hal ini terjadi karena kadar hormon kortisol yang memuncak sesaat setelah bangun tidur.

Baca Juga: 6 Tips Minum Kopi Turunkan Berat Badan

Lantas, sebenarnya kapan waktu terbaik minum kopi?

Dikutip dari Detik.com, waktu yang optimal untuk mengonsumsi kopi adalah menunggu setidaknya 1,5 sampai 2 jam setelah bangun tidur untuk mengembalikan ritme sirkadian tubuh. Studi yang sama mengatakan bahwa tubuh memproduksi berbagai jenis hormon setiap harinya, salah satunya adalah kortisol yang juga dijuluki sebagai 'hormon stres' yang membuat tubuh merasa lebih waspada.

Menurut Steven Miller, seorang ahli ilmu saraf dan peneliti dari Geisel School of Medicine, mengkonsumi kopi ketika otak sudah memproduksi kortisol akan membatasi dampak positif dari kopi itu sendiri.

Maka dari itu, kopi sebaiknya di konsumsi pada saat kadar kortisol dalam tubuh sedang rendah. Itu artinya, jika seseorang bangun tidur pukul 7 pagi, sebaiknya kopi dikonsumsi antara pukul 09.30 sampai 11.30.

Baca Juga: 8 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari yang Bisa Mengintai Kamu

Begitu juga bila seseorang bangun tidur pada pukul 1 siang, kopi sebaiknya dikonsumsi sekitar pukul 16.30 sampai 18.30. Berdasarkan sejumlah penelitian, kopi terbukti bisa mengisi tubuh dengan antioksidan alami, menjadi penenang, dan memperbaiki DNA.

Selain itu, mengonsumsi kopi secara rutin juga disebut bisa menurunkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga penyakit parkinson. Meski kopi memang terbukti memiliki sejumlah dampak baik untuk tubuh, jumlah dan frekuensi mengonsumsi kopi tetap harus diperhatikan agar tidak berlebihan dan malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Jangan lupa perbanyak minum air putih, mengatur jam tidur menjadi lebih teratur, melakukan banyak peregangan tubuh, dan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang bernutrisi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga