6 Tips Minum Kopi Turunkan Berat Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 29 Januari 2023
0 dilihat
6 Tips Minum Kopi Turunkan Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Foto: google.com

" Untuk menurunkan berat badan, salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi kopi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menurunkan berat badan, salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari docdoc.com, penurunan berat badan diartikan sebagai penurunan massa dan lemak tubuh. Namun, dalam kasus-kasus yang ekstrem, kondisi ini juga mencakup hilangnya protein, massa tubuh tak berlemak (lean mass) dan substrat lain dalam tubuh.

Untuk menurunkan berat badan salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Hanya saja hal ini bisa dilakukan dengan cara tertentu.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips minum kopi yang bisa bantu turunkan berat badan:

1. Pilih waktu yang tepat

Sebaiknya minum kopi di waktu yang tepat. Shaw menyarankan untuk tidak minum kopi 6-7 jam jelang waktu tidur demi menjaga kualitas tidur dan hormon tubuh.

Saat Anda kurang tidur, rasa lapar meningkat, terutama terhadap makanan tinggi kalori. Konsumsi kalori berlebih akan menaikkan berat badan.

2. Kopi hitam tanpa pemanis tambahan

Pastikan kopi yang dikonsumsi tidak mengandung pemanis tambahan. Kopi hitam merupakan minuman ideal untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori.

Baca Juga: 3 Tips Keramas yang Baik untuk Kesehatan Rambut

"Sementara kopi hitam rendah kalori, minuman ini bisa berubah jadi tinggi kalori, gula dan lemak saat ditambahkan susu dan gula," kata ahli diet Ashley Shaw, seperti dikutip dari Insider.

Olehnya itu, sebaiknya Anda menyisihkan kopi-kopi kekinian atau kopi kemasan.

3. Tambahkan bubuk kayu manis

Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis untuk memberikan manfaat lebih pada secangkir kopi.

Seperti dikutip dari Times of India, paduan kafein dan antioksidan dari kayu manis akan mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme.

Racikannya sederhana, cukup siapkan secangkir kopi hitam panas, lalu tambahkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis.

4. Tidak diminum untuk memulai hari

Tak jadi soal jika Anda menjadikan kopi sebagai menu sarapan. Namun, sebaiknya santap makanan terlebih dahulu, baru seruput kopi Anda.

"Itu karena kopi dapat mengurangi rasa lapar Anda, yang dapat mengakibatkan Anda melewatkan makan," jelas ahli diet Kaset Hageman, seperti dikutip dari Eat This Not That.

Baca Juga: 3 Tips Agar Jadi Menantu Idaman Mertua

Saat Anda tidak sarapan, Anda bakal makan berlebihan di siang atau malam hari. Kalau begini, maka proyek menurunkan berat badan hanya sekadar impian.

5. Pilihan teman minum kopi

Terkadang, manfaat kopi dipengaruhi teman minum alias kudapannya. Orang kerap memasangkan kopi dengan kukis, biskuit, atau roti. Rasanya memang nikmat, tetapi kalori yang masuk juga besar.

"Kadang tidak apa-apa, tapi jika dilakukan rutin, maka itu dapat menghambat penurunan berat badan," kata ahli diet Adriana Sobel.

6. Kopi dan dark chocolate

Dark chocolate memiliki aroma dan rasa manis-pahit yang khas. Menambahkannya pada secangkir kopi hitam bukan ide buruk. Apalagi, cokelat akan sedikit meluruhkan pahit kopi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga